Pengaruh Hasil Pengaplikasian Bulu Mata Palsu Fashion Dari Serat Daun Pandan Wangi (Pandanus Amaryllifolius) Pada Rias Fantasi Fauna

Nadia, Nadia (2023) Pengaruh Hasil Pengaplikasian Bulu Mata Palsu Fashion Dari Serat Daun Pandan Wangi (Pandanus Amaryllifolius) Pada Rias Fantasi Fauna. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1-2_NADIA_19078122_9103_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari penelitian sebelumnya tentang kelayakan bulu mata palsu dari serat daun pandan wangi, namun hingga saat ini belum ada peneliti yang menguji pengaruh hasil pengaplikasian serat daun pandan wangi sebagai bahan baku pengaplikasian bulu mata palsu kepada model pada rias fantasi fauna khususnya pada Departemen Tata Rias dan Kecantikan FPP UNP. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil pengaplikasikan menggunakan bulu mata palsu dari serat daun pandan wangi dan bahan sintetis pada rias fantasi fauna dan menganalisis pengaruh pengaplikasian menggunakan bulu mata palsu dari serat daun pandan wangi dan menggunakan bulu mata palsu dari bahan sintetis pada rias fantasi fauna. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian one shoot case study. Objek penelitian yaitu mahasiswa Departemen Tata Rias dan Kecantikan dan memiliki bentuk mata ideal. Populasi dan sampel yaitu 6 orang mahasiswa Departemen Tata Rias dan Kecantikan.Tempat dan waktu penelitian di Fakultas Pariwisata dan Perhotelan pada tanggal 1 Agustus-1 November 2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan instrument. Teknik Analisa data dalam penelitian ini yaitu uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (Uji T). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengaplikasian menggunakan bulu mata palsu fashion dari serat daun pandan wangi pada rias fantasi fauna didapatkan bahwa nilai tertinggi yaitu sangat rapi, sesuai, cukup tepat, dan panelis suka. Hasil pengaplikasian menggunakan bulu mata palsu fashion dari bahan sintetis pada rias fantasi fauna yaitu cukup rapi, cukup sesuai, cukup tepat, dan panelis cukup suka. Dan terdapat perbedaan pengaruh hasil pengaplikasian menggunakan bulu mata palsu dari serat daun pandan wangi dan menggunakan bulu mata palsu dari bahan sintetis pada rias fantasi fauna, pada indikator kerapian, p=0,036 (<0.05), bentuk bulu mata p=0,043 (<0.05), ketepatan pengaplikasian p=0,047 (<0.05), kesukaan panelis p=0,023 (<0.05), artinya terdapat perbedaan pengaruh hasil pengaplikasian menggunakan bulu mata palsu dari serat daun pandan wangi dan menggunakan bulu mata palsu dari bahan sintetis. Saran dari panelis pada hasil pengaplikasian bulu mata palsu fashion dari serat daun pandan wangi pada ketepatan pengaplikasian bulu mata palsu diusahakan naik agar bulu mata tidak terlihat turun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEfrianova, ViviUNSPECIFIED
CorrectorAstuti, MurniUNSPECIFIED
CorrectorDewi, Siska MigaUNSPECIFIED
Subjects: N Fine Arts > CO Cosmetic
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan - D4
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 30 Jan 2024 03:23
Last Modified: 30 Jan 2024 03:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50265

Actions (login required)

View Item View Item