Delanda, Meisy Saskia
(2023)
Pengembangan Media Video
Pembelajaran Rias Fantasi
di Jurusan Tata Kecantikan SMK
Negeri 6 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan karena belum tersedianya video pembelajaran
pada elemen 8 praktik dasar kecantikan pada mata pelajaran dasar-dasar
kecantikan dan spa, bahan ajar yang digunakan masih berbentuk lembar kegiatan
peserta didik dan ppt sehingga belum terstruktur, serta pendidik belum
menggunakan media pembelajaran video dikelas. Tujuan penelitian ini adalah (1)
Untuk mengembangkan media video pembelajaran pada mata pelajaran rias
fantasi dengan berbagai tema di SMK Negeri 6 Padang. (2) untuk mengetahui
tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifitasan media video pembelajaran pada
mata pelajaran rias fantasi dengan berbagai tema di SMK Negeri 6 Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan
menggunakan langkah 4-D. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XII
KCII tata kecantikan SMK Negeri 6 Padang tahun ajaran 2022/2023 yang
berjumlah 33 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket
yang diberikan secara langsung dan soal Pre-test & Post-test one group. Teknik
analisis data dengan menghitung skor penilaian video dari angket yang diberikan
dan dikategorikan sesuai dengan analisis data menggunakan uji t.
Perolehan hasil penelitian ini adalah video telah dikembangkan dengan
model pengembangan 4-D, hasil validitas video oleh 2 dosen ahli media 0.90 dan
validitas materi dari 2 ahli materi diperoleh nilai 0.92 dengan valid, hasil uji
praktikalitas video dari respon guru memperoleh nilai 97% dengan kategori sangat
praktis dan dari respon peserta didik mendapatkan nilai 80.91% dengan kategori
sangat praktis, hasil uji efektivitas diperoleh hasil pre-test 38,88% dan post-test
diperoleh hasil 91,66% dengan kategori efektif video di gunakan di SMK negeri 6
Kota Padang. Dari perolehan hasil tersebut, maka video telah layak, praktis dan
efektif untuk digunakan sebagai bahan ajar dikelas. Penelitian menghasilkan video
pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif. Hasil validitas video berdasarkan
respon ahli media, dan ahli materi dalam kategori valid. Praktis video dilihat
berdasarkan respon guru mata pelajaran dengan kategori praktis dan berdasarkan
respon peserta didik dengan kategori sangat praktis. Efektifitas video dilihat
berdasarkan hasil belajar peserta didik dikategorikan efektif. Hasil belajar peserta
didik dilihat berdasarkan nilai ketuntasan klasikal dengan persentasenya di
kategorikan efektif. Berdasarkan perbedaan hasil pretest dan posttest memperoleh
nilai signifikan yang rendah sehingga dinyatakan efektif. Bedasarkan besarnya
dampak dari penggunaan video pembelajaran memberi hasil nilai efek yang besar
Actions (login required)
|
View Item |