Pengaruh Hasil Pengaplikasian Bulu Mata Palsu Dari Serat Pelepah Batang Pisang Abaka (Musa Textilis) Terhadap Koreksi Mata Kecil

Putri, Fani Yonita (2023) Pengaruh Hasil Pengaplikasian Bulu Mata Palsu Dari Serat Pelepah Batang Pisang Abaka (Musa Textilis) Terhadap Koreksi Mata Kecil. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1-2_FANI_YONITA_PUTRI_19078104_4910_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penggunaan bulu mata palsu berbahan sintetis dapat mencemari lingkungan dikarenakan limbah dari bulu mata sintetis sulit diuraikan oleh mikroorganisme. Terdapat alternatif baru pada pembuatan bulu mata palsu dari serat pelepah batang pisang abaka. Bulu mata palsu tersebut digunakan untuk koreksi mata kecil. Penelitian ini bertujuan 1) menganalisis hasil pengaplikasian menggunakan bulu mata palsu dari serat pelepah batang pisang abaka terhadap koreksi mata kecil. 2) menganalisis hasil pengaplikasian tanpa menggunakan bulu mata palsu dari serat pelepah batang pisang abaka terhadap koreksi mata kecil 3) menganalisis perbedaan pengaplikasian menggunakan bulu mata palsu dari serat pelepah batang pisang abaka dan tanpa menggunakan bulu mata palsu dari serat pelepah batang pisang abaka terhadap koreksi mata kecil. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian one shoot case study. Objek penelitian yaitu bulu mata palsu berbahan dasar serat pelepah batang pisang abaka yang akan diaplikasikan ke model yang mempunyai mata kecil dengan sampel yaitu 4 orang mahasiswa Departemen Tata Rias dan Kecantikan yang mempunyai mata kecil. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan instrumen. Teknik analisa data dalam penelitian ini yaitu uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesi Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hasil pengaplikasian menggunakan bulu mata palsu dari pelepah batang pisang abaka di dapatkan bahwa nilai tertinggi terdapat pada aspek kerapian yaitu 4,14 dengan kriteria rapi, tingkat bentuk bulu mata yaitu 3,93 dengan kriteria cukup sesuai, tingkat ketepatan pengaplikasian yaitu 4,14 dengan kriteria tepat, dan kesukaan panelis yaitu 4,43 dengan kriteria suka. 2) hasil pengaplikasian tanpa menggunakan bulu mata palsu dari serat pelepah batang pisang abaka di dapatkan bahwa nilai tertinggi terdapat pada aspek kerapian yaitu 2,93 dengan kriteria cukup rapi, tingkat bentuk bulu mata yaitu 2,93 dengan kriteria cukup sesuai, tingkat ketepatan pengaplikasian yaitu 2,86 dengan kriteria kurang tepat, dan kesukaan panelis yaitu 3,43 dengan kriteria cukup suka. 3) Terdapat pengaruh hasil pengaplikasian menggunakan bulu mata palsu dari serat pelepah batang pisang abaka dilihat dari nilai p-value pada aspek kerapian, bentuk bulu mata, ketepatan pengaplikasian dan kesukaan panelis < 0,05 maka H0 ditolak yang artinya terdapat perbedaan hasil rias menggunakan bulu mata palsu berbahan dasar serat batang pisang abaka dengan tidak menggunakan bulu mata palsu. Maka disarankan kepada mahasiswa untuk menambah informasi tentang pemanfaatan serat pelepah batang pisang abaka untuk bahan pembuatan bulu mata palsu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEfrianova, ViviUNSPECIFIED
CorrectorAstuti, MurniUNSPECIFIED
CorrectorMentari, Tyas Asih SuryaUNSPECIFIED
Subjects: N Fine Arts > CO Cosmetic
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan - D4
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 30 Jan 2024 03:04
Last Modified: 30 Jan 2024 03:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50255

Actions (login required)

View Item View Item