Manajemen Matahari Salon di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi

Hamdani, Fadhila Fitri (2023) Manajemen Matahari Salon di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1-2_FADHILA_FITRI_HAMDANI_18078035_1415_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian dilatar belakangi dengan adanya penerapan fungsi-fungsi manajemen Matahari Salon yang belum berjalan dengan lancar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan fungsi-fungsi manajemen planning, organizing, actuating dan controlling pada Matahari Salon di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah pedoman wawancara dengan alat bantu seperti alat tulis, tape rekorder dan kamera. Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini adalah perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi dan auditing. Langkah-langkah di uji mengumpulkan data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1) Fungsi perencanaan (planning) Matahari Salon memiliki luas 60m2, salon memiliki alat pemadam kebakaran dan tidak memiliki washtafel khusus. Perijinan usaha salon nomor 503.2/230/HO/BP2TPM-PP/SITU/2014. Salon belum melaksanakan perencanaan tenaga kerja yang spesifik, usia karyawan 19-30 tahun tamatan SMA umum dan tidak memiliki keahlian kecantikan, keterampilan dilatih pemilik salon, karyawan belum mengikuti uji kompetensi BNSP. Salon tidak memiliki perencanaan jasa spesifik dan belum tersusun, jenis jasa disediakan mengikuti perkembangan dan belum disesuaikan dengan kemampuan karyawan. Salon tidak aktif dalam promosi, media sosial sudah tidak aktif, konsumen yang datang berada dilokasi yang berdekatan dengan salon. 2) Fungsi pengorganisasian (organizing) dalam pelaksanaannya salon belum memiliki pembagian tugas yang khusus, karyawan bertugas sebagai beautician dan kasir, karyawan melakukan pelayanan kepada konsumen secara bergantian. Pada koordinasi usaha salon berbagi informasi terkait jadwal kedatangan karyawan, hari libur, laporan jumlah pelanggan, koordinasi dengan pelanggan tentang jenis perawatan dan perawatan terbaru disalon. 3) Fungsi pelaksanaan (actuating) pelayanan jasa kecantikan rambut di Matahari Salon terdiri dari pencucian rambut ada creambath, hairmask, rebonding, curly, keratin rambut dan pewarnaan rambut disesuaikan dengan kompetensi karyawan dan ketersediaan alat, bahan dan kosmetika salon, sedangkan pada pelayanan jasa kecantikan kulit seperti facial untuk berbagai jenis kulit, lulur badan, massage, totok wajah hingga SPA akan tetapi belum tersedia perawatan seperti foot reflexology dan waxing. 4) Fungsi pengawasan (controling) dilaksanakan pada pengawasan alat, bahan dan proses kerja dengan mengawasi proses steril sesudah melakukan perawatan, pengecekan kosmetika untuk waktu kadarluarsa. Pengawasan proses kerja bertujuan untuk menghindari kesalahan prosedur perawatan dan memberikan perawatan yang konsisten sesuai dengan standar operasional yang ditetapkan. Disarankan kepada salon untuk dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai referensi untuk mengetahui lebih jauh terkait penerapan fungsifungsi manajemen pada salon kecantikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmiati, RahmiatiUNSPECIFIED
CorrectorRosalinda, LindaUNSPECIFIED
CorrectorMinerva, PrimaUNSPECIFIED
Subjects: N Fine Arts > CO Cosmetic
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan - D4
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 30 Jan 2024 03:04
Last Modified: 30 Jan 2024 03:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50253

Actions (login required)

View Item View Item