Kelayakan Ekstrak Bunga Kembang(Hibiscus rosa-sinensis. L) Sepatu Sebagai Maker Gel Peel Off Untuk Perawatan Kulit Wajah Berjerawat.

Lestari, Eka Puji (2023) Kelayakan Ekstrak Bunga Kembang(Hibiscus rosa-sinensis. L) Sepatu Sebagai Maker Gel Peel Off Untuk Perawatan Kulit Wajah Berjerawat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1-2_EKA_PUJI_LESTARI_16078045_6883_2023.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Salah satu bahan dasar alami yang biasanya dikenal sebagai tanaman obat dan dapat dijadikan masker adalah bunga kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinesnsis). Didalam bunga kembang sepatu terdapat beberapa senyawa yang dapat menghambat perkembangan bakteri seperti flavonoid, polifenol, tannin dan saponin, karena mempunyai kegiatan anti bakteri terhadap P. acnes dan S. Aureus. Penelitian ini bertujuan untuk a) mengetahui pembuatan masker gel peel off bunga kembang sepatu, b) mengetahui kelayakan ekstrak bunga kembang sepatu dilihat dari kandungan flavonoid dan tanin, c) mengetahui kelayakan masker gel peel off bunga kembang sepatu dapat dilihat dari warna, aroma dan daya lengket (Uji Organoleptik) dan d) mengetahui kelayakan masker gel peel off bunga kembang sepatu dapat dilihat dari kesukaan panelis (Uji Hedonik). Hasil yang didapatkan melalui uji laboratorium adalah masker gel peel off layak digunakan untuk perawatan wajah berjerawat karena positif (+) mengandung flavonoid dan tanin. Masker gel peel off juga layak digunakan sebagai perawatan wajah berjerawat melalui uji organoleptik yang dilihat dari warna yaitu pada F1 frekuensi tertinggi berada pada warna merah dan kurang merah yaitu masing-masing 43%, F2 berada pada warna merah yaitu 72%, dan F3 berada pada warna sangat merah yaitu 72%. Dilihat dari aroma, F1 frekuensi tertinggi berada pada aroma kuat yaitu 57%, F2 berada pada aroma kuat yaitu 72% dan F3 berada pada aroma sangat kuat yaitu 86%. Dilihat dari daya lekat, F1 frekuensi tertinggi berada pada sangat lekat dan lekat yaitu masing-masing 43%, F2 berada pada kategori sangat lekat yaitu 72% dan F3 berada pada kategori angat lekat yaitu 86%. Dan dilihat dari kesukaan panelis (hedonik), F1 frekuensi tertinggi berada pada kategori suka yaitu 43%, F2 berada pada kategori suka yaitu 57% dan F3 berada pada kategori sangat suka yaitu 57%. Disarankan untuk mahasiswi tata rias dan kecantikan dapat mencoba secara langsung untuk melakukan eksperimen serta menerapkan ilmu yang diperoleh dari penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMinerva, PrimaUNSPECIFIED
CorrectorRosalina, LindaUNSPECIFIED
CorrectorNovelni, RinggaUNSPECIFIED
Subjects: N Fine Arts > CO Cosmetic
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan - D4
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 30 Jan 2024 03:03
Last Modified: 30 Jan 2024 03:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50250

Actions (login required)

View Item View Item