Kelayakan Masker Gel Peel-Off Kopi Robusta (Coffea Canephora) Dan Gambir (Uncaria Gambir) Terhadap Kelembapan Kulit Kering

Yola, Dinda Febri (2023) Kelayakan Masker Gel Peel-Off Kopi Robusta (Coffea Canephora) Dan Gambir (Uncaria Gambir) Terhadap Kelembapan Kulit Kering. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1-2_DINDA_FEBRI_YOLA_19078008_3290_2023.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Kulit kering menyebabkan kulit terlihat pecah-pecah, kasar dan bersisik, yang disebabkan oleh faktor cuaca, lingkungan dan penyakit kulit. Untuk itu kulit wajah membutuhkan antioksidan yang dapat melindungi kulit wajah dari radikal bebas. Kopi robusta dengan kandungan flavonoid yang dapat meningkatkan aktivitas antioksidan. Dan gambir yang mengandung katekin yang bersifat antioksidan. Untuk itu dibutuhkan perawatan untuk kulit kering berupa masker gel peel-off kopi robusta dan gambir. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan masker gel peel-off kopi robusta dan gambir ditinjau dari uji kandungan flavonoid (uji laboratorium), tekstur, aroma, daya lekat (uji organoleptik) dan ditinjau dari kesukaan panelis (uji hedonik). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Variabel Bebas dalam penelitian ini adalah Kopi Robusta dan Gambir sebagai masker gel peel-off. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah uji kandungan flavonoid dan uji waktu mengering, uji organoleptik hasil jadi masker gel peel-off meliputi tekstur, aroma dan daya lekat serta uji hedonik yaitu kesukaan panelis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi dan lembar observasi yang diuji oleh 7 orang panelis. Hasil penelitian yang diperoleh dari uji kandungan flavonoid yaitu terdapat 0,0094% (9,3951 ppm) kadar flavonoid dalam 100gr sampel yang diuji yang berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi kulit wajah dari radikal bebas. Hasil uji organoleptik (tekstur, aroma dan daya lekat) dan uji hedonik (kesukaan panelis) menunjukkan bahwa masker gel peel-off bertekstur sangat kental dengan persentase 57%, beraroma kuat dengan persentase 57%, berdaya lekat sangat lekat dengan persentase 71% dan disukai oleh panelis dengan persentase 57%. Dengan demikian maka masker gel peel-off kopi robusta dan gambir layak digunakan terhadap kelembapan kulit kering.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRosalina, LindaUNSPECIFIED
CorrectorAstuti, MurniUNSPECIFIED
CorrectorNovelni, RinggaUNSPECIFIED
Subjects: N Fine Arts > CO Cosmetic
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan - D4
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 30 Jan 2024 02:23
Last Modified: 30 Jan 2024 02:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50249

Actions (login required)

View Item View Item