Hubungan Kebersihan Kulit Wajah Terhadap Timbulnya Jerawat (Acne Vulgaris) Pada Mahasiswi Pengendara Motor Di Jurusan Tata Rias Dan Kecantikan Universitas Negeri Padang.

Dahlia, Aswilda (2023) Hubungan Kebersihan Kulit Wajah Terhadap Timbulnya Jerawat (Acne Vulgaris) Pada Mahasiswi Pengendara Motor Di Jurusan Tata Rias Dan Kecantikan Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1-2_ASWILDA_DAHLIA_18078065_5179_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebiasaan mahasiswi suka lupa atau malas membersihkan wajah sebelum tidur karena kesibukan aktivitas di luar ruangan atau berkendara yang menyebabkan mereka kelelahan dan langsung istirahat sehingga wajah yang terkena debu, dan polusi udara disaat mengendarai motor masih menempel pada wajah sehingga menyebabkan pori-pori tersumbat dan menimbulkan jerawat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebersihan kulit wajah pada mahasiswi pengendara motor di jurusan tata rias dan kecantikan, untuk mengetahui klasifikasi acne vulgaris pada mahasiswi pengendara motor dan untuk menganalisis pengaruh kebersihan kulit wajah terhadap timbulnya acne vulgaris pada mahasiswi pengendara motor di jurusan tata rias dan kecantikan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional, penelitian dilakukan dengan cara menyebarkan angket melalui google form yang dilakukan setelah seminar. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa pengendara motorjurusan Tata Rias dan Kecantkan angkatan 2020 yang berjumlah 70 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa pengendara motor jurusan Tata Rias dan Kecantkan angkatan 2020 yang mempunyai masalah jerawat yang berjumlah 42 orang. Instrumen penelitian menggunakan kusioner atau angket. Teknik analisis data penelitian ini adalah uji instrumen yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji prasyarat yaitu uji normalitas dan linearitas dan uji hipotesis yaitu uji korelasi. Hasil penelitian adalah kebersihan kulit wajah pada mahasiswi pengendara motor di jurusan tata rias dan kecantikan memperoleh jawaban sedang yang dibuktikan melalui nilai tingkat capaian responden dengan skor rata-rata variabel sebesar 3,29. Timbulnya acne vulgaris pada mahasiswi pengendara motor di jurusan tata rias dan kecantikan memperoleh jawaban sedang yang dibuktikan melalui nilai tingkat capaian responden dngan rata-rata skor variabel sebesar 2,87. Terdapat hubungan antara kebersihan wajah dengan hasil timbulnya jerawat (acne vulgaris) pada mahasiswi pengendara motor di jurusan tata rias dan kecantikan universitas negeri padang dengan tingkat hubungan cukup rendah. Disarankan agar dapat dijadikan sebagai arsip jurusan untuk referensi penelitian yang akan datang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYanita, MeritaUNSPECIFIED
CorrectorAstuti, MurniUNSPECIFIED
CorrectorMinerva, PrimaUNSPECIFIED
Subjects: N Fine Arts > CO Cosmetic
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan - D4
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 30 Jan 2024 02:15
Last Modified: 30 Jan 2024 02:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50245

Actions (login required)

View Item View Item