Ghani, Ahmad Abdul
(2023)
Pengaruh Variasi Pegas Katup Standar, pegas katup Swedia dan Pegas Katup Brt Terhadap Torsi dan Daya pada Sepeda Motor Yamaha Mixture Jet-Fuel Injection Mio J 113 Cc Tahun 2012.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Untuk memaksimalkan kembali kerja mekanisme katup yang turun karena
pegas katup yang lemah bisa diatasi dengan cara mengganti pegas katup yang
lama dengan pegas katup baru yang direkomendasikan oleh produsen pembuat
kendaraan dan harus sesuai dengan ukuran kendaraan yang di gunakan. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi pegas katup standar, pegas katup
swedia dan pegas katup brt terhadap torsi dan daya pada sepeda motor Yamaha
Mixture Jet-Fuel Injection Mio J 113 cc tahun 2012. Metode penelitian ini
menggunakan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini
dilakukan dengan cara mengumpulkan data secara langsung dari sepeda motor
Yamaha Mixture Jet-Fuel Injection Mio J 113 cc tahun 2012 dengan teknik
analisis deskriptif persentase untuk mengukur daya dan torsi, baik dengan variasi
pegas katup standar, pegas katup swedia, maupun pegas katup brt.
Berdasarkan data hasil penelitian, analisis data, dan pembahasan yang
telah diuraikan dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan variasi pegas katup
yang paling optimal adalah dengan menggunakan variasi pegas katup Brt untuk
meningkatkan torsi dan daya terbaik pada sepeda motor Yamaha Mixture Jet-Fuel
Injection Mio J 113 cc tahun 2012 dibandingkan dengan variasi pegas katup
standar dan variasi pegas katup BRT dengan torsi yang dihasilkan sebesar 8,90
newton meter dan daya yang dihasilkan sebesar 6,45 killo watt.
Actions (login required)
|
View Item |