Anggraini, Susana
(2023)
Pengembangan E-modul Berbasis Flipbook Mata
Pelajaran Costum Made Siswa Kelas XI di SMK
Negeri 3 Kota Solok.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terdapat dalam
pembelajaran Costum Made pada materi pembuatan Gaun pesta, dimana siswa
mengalami kesulitan dalam mengikuti pembelajaran terutama pada saat praktik.
Hal ini dikarenakan sumber belajar atau bahan ajar terkait dengan mata pelajaran
pembuatan gaun pesta masih sangat minim.Penelitian ini bertujuan menghasilkan
media pembelajaran berupa e-modul yang valid serta dapat dijadikan sebagai
sumber belajar bagi siswa dalam pembelajaran Costum Made.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang dikenal
dengan istilah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D.
Model ini memiliki 4 tahap yaitu : tahap pendefinisian (define), tahap
perancangan(design) tahap pengembangan (develop), dan tahap
penyebaran(disseminate). Namun untuk tahap penyebaran(disseminate)tidak dapat
dilakukan karena keterbatasan peneliti.Teknik pengumpulan data yang dipakai pada
penelitian ini adalah observasi, wawancara dan angket. E-modul ini di uji
validitasnya oleh 4 orang validator yang 2 ahli media dan 2 ahli materi.Instrumen
penelitian menggunakan lembar validasi dan lembar praktikalitas. Jenis dan sumber
data menggunakan data primer.
Berdasarkan hasil uji validitas terhadap e-modul Pembuatan Gaun Pesta
diperoleh skor 88% dengan kategori sangat valid. Sedangkan hasil praktikalitas
dengan guru Pembina mata pelajaran costum made didapat skor 93% kategori
sangat praktis, praktikalitas siswa kelompok kecil didapat skor 88% kategori sangat
praktis, praktikalitas siswa kelompok besar didapat skor 90% kategori sangat
praktis.Dapat disimpulkan bahwa e-modul ini dikatakan sudah layak dan dapat di
uji cobakan sebagai sumber belajar pada mata pelajaran Costum Made untuk siswa
SMK N 3 Kota Solok.
Actions (login required)
|
View Item |