Pengembangan Media Video Pembelajaran Pembuatan Pola Kulot Mata Pelajaran Busana Industri Siswa Kelas XII Tata Busana SMKN 3 Payakumbuh

Ikhlas, Raisa (2023) Pengembangan Media Video Pembelajaran Pembuatan Pola Kulot Mata Pelajaran Busana Industri Siswa Kelas XII Tata Busana SMKN 3 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1-1_RAISA_IKHLAS_18075022_8625_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pada pembelajaran praktik pembuatan pola kulot pada mata pelajaran Busana Industri siswa kelas XII Tata Busana di SMKN 3 Payakumbuh memiliki kendala dalam pembelajaran sehingga perlu adanya pengembangan media video pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan validitas video pembelajaran pembuatan pola kulot mata pelajaran Busana Industri, dan 2) mendeskripsikan praktikalitas video pembelajaran pembuatan pola kulot mata pelajaran Busana Industri untuk siswa kelas XII Tata Busana SMKN 3 Payakumbuh. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menerapkan model 4D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: tahap define, tahap design, tahap develop dan tahap disseminate. Namun pada tahap disseminate tidak dilakukan karena keterbatasan peneliti. Jenis data pada penelitian ini adalah data primer. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan observasi, wawancara dan angket. Instrumen penelitian dengan menggunakan lembar penilaian berupa angket yang dianalisis menggunakan skala likert. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah media video pembelajaran pembuatan pola kulot yang telah dinyatakan layak dengan hasil uji validasi ahli media diperoleh skor 99,13% dan hasi uji validasi oleh ahli materi diperoleh skor 89,05% sehingga diperoleh hasil media video dengan skor 94,09% dengan kategori sangat valid. Sedangkan hasil uji praktikalitas berdasarkan respon guru pengampu mata pelajaran Busana Industri diperoleh skor 97,03% dengan kategori sangat praktis. Selanjutnya hasil uji praktikalitas berdasarkan respon siswa kelompok kecil diperoleh skor 89,97% dengan kategori sangat praktis dan uji praktikalitas kelompok besar diperoleh skor 90,13% dengan kategori sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPuspaneli, PuspaneliUNSPECIFIED
CorrectorNelmira, WeniUNSPECIFIED
CorrectorSuci, Puji HujriaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 30 Jan 2024 00:35
Last Modified: 30 Jan 2024 00:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50207

Actions (login required)

View Item View Item