Ikhlas, Raisa
(2023)
Pengembangan Media Video Pembelajaran
Pembuatan Pola Kulot Mata Pelajaran Busana Industri
Siswa Kelas XII Tata Busana SMKN 3 Payakumbuh.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pada pembelajaran praktik pembuatan pola kulot pada mata pelajaran
Busana Industri siswa kelas XII Tata Busana di SMKN 3 Payakumbuh memiliki
kendala dalam pembelajaran sehingga perlu adanya pengembangan media video
pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan validitas video
pembelajaran pembuatan pola kulot mata pelajaran Busana Industri, dan 2)
mendeskripsikan praktikalitas video pembelajaran pembuatan pola kulot mata
pelajaran Busana Industri untuk siswa kelas XII Tata Busana SMKN 3
Payakumbuh.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D)
dengan menerapkan model 4D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: tahap define, tahap
design, tahap develop dan tahap disseminate. Namun pada tahap disseminate tidak
dilakukan karena keterbatasan peneliti. Jenis data pada penelitian ini adalah data
primer. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan observasi,
wawancara dan angket. Instrumen penelitian dengan menggunakan lembar
penilaian berupa angket yang dianalisis menggunakan skala likert. Teknik analisis
data pada penelitian ini dilakukan dengan analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini adalah media video pembelajaran pembuatan pola
kulot yang telah dinyatakan layak dengan hasil uji validasi ahli media diperoleh
skor 99,13% dan hasi uji validasi oleh ahli materi diperoleh skor 89,05% sehingga
diperoleh hasil media video dengan skor 94,09% dengan kategori sangat valid.
Sedangkan hasil uji praktikalitas berdasarkan respon guru pengampu mata
pelajaran Busana Industri diperoleh skor 97,03% dengan kategori sangat praktis.
Selanjutnya hasil uji praktikalitas berdasarkan respon siswa kelompok kecil
diperoleh skor 89,97% dengan kategori sangat praktis dan uji praktikalitas
kelompok besar diperoleh skor 90,13% dengan kategori sangat praktis.
Actions (login required)
|
View Item |