Pengembangan E-Comic sebagai Sumber Belajar Sejarah untuk SMA pada Materi Agresi Militer Belanda I dan II

Arrahman, Ikhsan (2023) Pengembangan E-Comic sebagai Sumber Belajar Sejarah untuk SMA pada Materi Agresi Militer Belanda I dan II. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
B.1_02_IKHSAN_ARRAHMAN_17046110_6810_2023.pdf

Download (995kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang terjadi pada pembelajaran sejarah di Sekolah Menengah Atas (SMA), karena kurangnya sumber belajar sejarah. Pembelajaran sejarah harus menyenangkan dan menarik dengan menghadirkan sumber belajar di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sumber belajar E-comic sebagai sumber belajar sejarah untuk sma pada materi agresi militer belanda I dan II. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan / research and development dengan model ADDIE. Model ini terdiri dari lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pemilihan model pengembangan ADDIE bertujuan karena dalam tahap pengembangan model ADDIE evaluasi produk dapat dilakukan pada setiap langkah-langkah pengembangan yang dimana hal tersebut dapat menjadikan produk yang dikembangkan menjadi lebih valid dan lebih baik. Pada penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap Implementasi Hasil dari penelitian yang telah dilakukan pada tahap Analyze dilakukan analisis kebutuhan dan analisis kurikulum. Tahap Design dilakukan pembuatan ringkasan materi Agresi Militer Belanda I dan II untuk E-comic, pembuatan Storyline, dan rancangan desain E-comic. Tahap Development dilakukan pembuatan gambar, teks, cover komik, pembuatan KI, KD, petunjuk penggunaan dan dilakukan validasi Ecomic dengan ahli materi dan ahli media. Penilaian oleh ahli materi memperoleh ratarata sebesar 3,70 dengan kriteria Sangat Tepat, Penilaian oleh ahli media memperoleh rata-rata sebesar 3,88 dengan kriteria Sangat Tepat. Tahap Implementation dilakukan dengan uji coba praktikalitas kepada guru dan siswa. Penilaian kepraktisan yang dilakukan oleh guru mendapatkan rata-rata 3,83 dengan kategori sangat praktis, praktikalitas yang dilakukan oleh 32 orang siswa memperoleh rata-rata 3.48 dengan kategori sangat praktis. Dari penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan E-comic sebagai sumber belajar sejarah untuk SMA pada materi Agresi Militer Belanda I dan II tepat dan praktis digunakan dalam pembelajaran sejarah untuk SMA kelas IX.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHastuti, HeraUNSPECIFIED
CorrectorBasri, WahidulUNSPECIFIED
CorrectorYefterson, Bayu RidhoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Sejarah, E-comic, Agresi Militer Belanda I dan II
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 30 Jan 2024 00:33
Last Modified: 30 Jan 2024 00:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50197

Actions (login required)

View Item View Item