Febriyanti, Lucy
(2023)
Hubungan Pelayanan Prima dengan Kepuasan
Konsumen di V-Coffee Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian berlatar belakang dari hasil observasi awal penulis terhadap
pelayanan prima yang di V-Coffee Padang. Pelayanan yang diberikan belum
sesuai dengan teori yang penulis pelajari, sehingga konsumen belum merasa puas
atas pelayanan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
dan mengetahui apakah terdapat hubungan antara Pelayanan Prima dan Kepuasan
Konsumen di V-Coffee Padang.
Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif dan metode
asosiatif kausal. Populasi berjumlah 5.200 orang konsumen yang berkunjung ke
V-Coffee Padang pada 3 bulan terakhir. Teknik pengambilan sampel
menggunakan teknik sampling insidental sebanyak 98 orang dengan menyebarkan
kuesioner terkait pelayanan prima dan kepuasan konsumen. Uji normalitas, uji
homogenitas dan uji linearitas merupakan uji persyaratan analisis yang dilakukan
sebelum melaksanakan uji hipotesis yaitu pengujian korelasi, analisis regresi
linear sederhana dan uji koefisien determinasi dengan bantuan SPSS versi 28.00.
Hasil penulisan, variabel pelayanan prima (X) termasuk dalam kategori
cukup baik dengan persentase 63,3%, dan variabel kepuasan konsumen (Y)
termasuk dalam kategori cukup baik dengan persentase 46,9%. Variabel
pelayanan prima memiliki korelasi terhadap kepuasan konsumen di V-Coffee
Padang sebesar 0,688 yang mana kedua variabel memiliki hubungan yang kuat
dan bernilai positif. Koefisien regresi diperoleh sebesar 0,637 serta diperoleh
koefisiensi determinasi sebesar (0,473) 47,3% dan 52,7% dipengaruhi oleh faktor
lain.
Actions (login required)
|
View Item |