Efektivitas Bahan Layanan Informasi untuk Meningkatkan Kebersyukuran Siswa di Sekolah Menengah Atas yang Berlatar Belakang Etnis Minangkabau

Umami, Fitria (2023) Efektivitas Bahan Layanan Informasi untuk Meningkatkan Kebersyukuran Siswa di Sekolah Menengah Atas yang Berlatar Belakang Etnis Minangkabau. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_FITRIA_UMAMI_21151012_8521_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji efektivitas layanan informasi dalam meningkatkan kebersyukuran siswa yang berlatar belakang etnis Minangkabau. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitiannya yaitu quasi eksperimen dengan rancangan penelitian pretest posttest one group design. Teknik pemilihan subjek menggunakan stratified random sampling, dengan jumlah subjek sebanyak 93 orang terdiri dari 35 pria dan 58 wanita yang berasal dari kelas X, XI, dan XII SMA Negeri 1 Batipuh Tanah Datar. Instrumen yang digunakan berupa Daftar Isian Kebersyukuran dengan model likert. Penelitian ini menggunakan uji statistik t-test (independent sample t-test dan paired sampel ttest). Hasil penelitian menemukan bahwa bahan layanan informasi yang telah dikembangkan sebelumnya efektif untuk meningkatkan kebersyukuran pria & wanita yang berlatar belakang etnis Minangkabau. Di samping itu, terdapat perbedaan yang signifikan terhadap efektivitas bahan layanan informasi yang telah dikembangkan pada pria & wanita. Dimana bahan layanan informasi ini lebih efektif diberikan pada wanita dibandingkan pada pria. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, layanan informasi yang telah dikembangkan efektif digunakan oleh guru BK/Konselor untuk meningkatkatkan kebersyukuran siswa etnis Minangkabau.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNirwana, HermanUNSPECIFIED
CorrectorFirman, FirmanUNSPECIFIED
CorrectorNurfarhanah, NurfarhanahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LAYANAN INFORMASI, ETNIS MINANGKABAU
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 30 Jan 2024 00:29
Last Modified: 30 Jan 2024 00:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50178

Actions (login required)

View Item View Item