Model Matematika Penyebaran Middle East Respiratory Syndrome – Corona Virus (MERS-CoV)

Eriza, Suci Okta (2023) Model Matematika Penyebaran Middle East Respiratory Syndrome – Corona Virus (MERS-CoV). Skripsi thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B1_2_SUCI_OKTA_ERIZA_15030030_7799_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Virus adalah parasit atau makhluk hidup yang kehidupannya bergantung pada makhluk hidup lain, berukuran mikroskopik (tidak dapat dilihat oleh mata) yang menginfeksi sel organisme biologis. Terdapat banyak penyakit yang disebabkan oleh virus, salah satunya Middle East Respiratory Syndrome-Corona Virus (MERS-CoV) yaitu suatu subtipe dari virus corona yang belum pernah ditemukan menginfeksi manusia sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk membentuk suatu model matematika yang dapat menggambarkan bagaimana penyebaran Middle East Respiratory Syndrome-Corona Virus (MERS-CoV) untuk membantu dalam langkah pengendaliannya. Penelitian ini merupakan peneltian dasar dengan menggunakan metode deskriptif yaitu dengan menganalisis teori-teori yang relevan dengan permasalahan. Penelitian ini dimulai dengan membentuk model matematika penyebaran Middle East Respiratory Syndrome-Corona Virus (MERS-CoV) kemudian mencari titik tetap dan menganalisis kestabilan titik tetap tersebut serta menginterpretasikan hasil analisis yang telah diperoleh dari model. Hasil analisis dari model matematika penyebaran Middle East Respiratory Syndrome-Corona Virus (MERS-CoV) ini adalah agar MERS-CoV tidak semakin mewabah, tingkat perpindahan individu rentan menjadi individu terpapar (β) dan tingkat perpindahan individu terpapar menjadi terinfeksi (α) harus semakin rendah. Sehingga individu yang sembuh akan semakin tinggi. Hal ini akan menjadi pengendalian ketika terjadi penyebaran Middle East Respiratory Syndrome – Corona Virus (MERS-CoV).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSubhan, MuhammadUNSPECIFIED
CorrectorRosha, MediaUNSPECIFIED
CorrectorMurni, DewiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL MATEMATIKA, CORONA VIRUS, PARASIT
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 30 Jan 2024 00:29
Last Modified: 30 Jan 2024 00:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50177

Actions (login required)

View Item View Item