Studi Tentang Pewarnaan Alam Batik di Kota Solok Provinsi Sumatera Barat: Studi Kasus di Rumah Batik Tarancak, Kampung Jawa

Hanifati, Idzni (2023) Studi Tentang Pewarnaan Alam Batik di Kota Solok Provinsi Sumatera Barat: Studi Kasus di Rumah Batik Tarancak, Kampung Jawa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1-1_IDZNI_HANIFATI _18075154_1865_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan munculnya sebuah produk inovasi baru berupa batik pada bahan yang di tenun sendiri menggunakan ATBM dan menggunakan pewarnaan alami dengan hanya memanfaatkan tumbuh-tumbuhan dan bahan alam yang ada di sekitar tempat produksi juga limbah pasar. Penelitian ini membahas tentang pewarnaan alam batik di Rumah Batik Tarancak Kelurahan Kampung Jawa Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bahan alam yang digunakan, teknik pembuatan ekstrak warna alam dan proses pewarnaan alam yang dilakukan. Metode penelitian ini deskriptif kualitatif dengan jenis data primer dan sekunder. Informan ialah pemilik dan pengrajin Rumah Batik Tarancak berjumlah 7 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu bahan alam yang digunakan di Rumah Batik Tarancak adalah bahan alam yang mengandung tanin. Ada 12 jenis bahan alam yang penulis teliti yaitu daun sikaduduak, daun kleresede, daun afrika, tumbuhan putri malu, tanah liat, daun rinju, daun gambir, daun mangga, daun alpukat, kulit bawang merah, kulit alpukat dan kulit jengkol. Bahan fiksasinya yaitu tawas, kapur tohor dan tunjung. Proses pembuatan ekstrak dengan cara mempersiapkan alat dan bahan, memperhitungkan zat yang dibutuhkan yaitu vlot 1:5 untuk ekstraksi dengan cara perebusan dan vlot 1:2 untuk ekstraksi dengan cara fermentasi, membersihkan bahan alam, menimbang bahan alam, menakar air pelarut, kemudian di rebus dan ada yang di fermentasi. Proses pencelupan dengan ekstrak warna alam dilakukan sebanyak 5 kali atau lebih dilanjutkan dengan penguncian warna dengan fiksator.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNovrita, Sri ZulfiaUNSPECIFIED
CorrectorAdriani, AdrianiUNSPECIFIED
CorrectorNelmira, WeniUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 29 Jan 2024 04:02
Last Modified: 29 Jan 2024 04:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50174

Actions (login required)

View Item View Item