Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 3 Pariaman.

Nabila, Sri Falyra (2023) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 3 Pariaman. Skripsi thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B1_1_SRI_FALYRA_NABILA_19029169_6764_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematismerupakan salah satu kemampuan yang diharapkan dapat dikuasai oleh peserta didik dalam pembelajaran. Hal ini tercantum dalam Peraturan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022. Namun kenyataannya, kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMPN 3 Pariaman masih rendah. Solusi yang dipilih adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check yang dapat membuat peserta didik mengembangkan kemampuan komunikasi matematisnya pada proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMPN 3 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian Static Group Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Simple Random Sampling. Dari hasil pengundian, terambil kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuis, tes kemampuan komunikasi matematis. Pembuktian hipotesis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji-T. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai P-value 0,000. Karena P-value <

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsmar, AliUNSPECIFIED
CorrectorAmellis, AmellisUNSPECIFIED
CorrectorTasman, FridgoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: : MODEL PEMBELAJARAN, KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS, PEMBELAJARAN KONVENSIONAL
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 29 Jan 2024 04:01
Last Modified: 29 Jan 2024 04:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50164

Actions (login required)

View Item View Item