Deskripsi Pedagogical Chemistry Sensemaking pada Modul Ajar Guru Kimia Sekolah Penggerak untuk Materi Kesetimbangan Kimia dalam Kurikulum Merdeka

Sarah, Siti (2023) Deskripsi Pedagogical Chemistry Sensemaking pada Modul Ajar Guru Kimia Sekolah Penggerak untuk Materi Kesetimbangan Kimia dalam Kurikulum Merdeka. Skripsi thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B1_7_SITI_SARAH_19035053_8820_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kurikulummerdekasebagaipedomanpelaksanaanpembelajaranuntukmencapaitujuanpendidikanmembutuhkanberbagaiaspekpendukungdalamimplementasinya. Dalam implementasinya guru sebagaitenagapendidikmestiberadaptasisecaraadministratifmaupunpraktismengikutiperubahanregulasikurikulum. Wawancaraawalterhadap guru diketahuibeberapakendala yang dihadapi guru diantaranyaadalahterbatasnyasumbermateriberupabukuteks, belumdipedomaninyaanalisis level taksonomi pada strukturkontenkurikulum, sertakesulitanpemahamanmaterikesetimbangankimia yang bersifatabstrak. Hal iniakanberdampak pada kinerja guru sehinggaperludilakukanpengkajianterhadapindikator yang menyusunaspekmodul ajar sebagaiperencanaanpembelajaran. Kemampuanpedagogik dan kontengurumenjadipondasiterciptanyapembelajaran yang efektif. Dalam halinidikenalistilahPedagogical Chemistry Sensemaking (Pedchemsense) yang mendorong guru untukmampumerancangalurpembelajaran yang mampumemberikanpemahamankonseptualmelaluipembentukanpolapenalaranberpikirsiswa.Selama ini belum ada data atau informasi yang melaporkan tentang PedChemSense pada modul ajar guru kimiasebagaibahanevaluasidalamimplementasikurikulummerdeka.Tujuan penelitianiniadalahmendeskripsikanPedchemsensepada modul ajar guru kimiasekolahpenggerakuntukmaterikesetimbangankimiadalamkurikulummerdeka. Jenis penelitianadalahdeskriptifkualitatif yang dilakukan di SMAN 2 Padang dan SMAN 9 Padang pada bulan Maret hingga Oktober 2023. Desain penelitianmenggunakandesainanalisisstrukturkontendariModel of Educational Reconstruction (MER). Instrumen yang digunakanadalah daftar checkanalisisdokumenPedchemsense, lembarwawancara, dan Focus Group Discussionkepadatiga orang ahlibidangpendidikankimia.Hasil penelitianterhadap 3 orang guru kimia yang mengajarkelas XI menunjukkanbahwabanyakindikatorPedchemsense yang telahdipenuhi oleh modul ajar yang disusun guru. Namunbeberapaindikatorseperti CS.2, PS.1, PS.2, dan PS.4 masihbanyakbelumdipenuhidalampenyusunanmodul ajar yang menjadiobjekpenelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAini, Faizah QurrataUNSPECIFIED
CorrectorPearbuntari, HestyUNSPECIFIED
CorrectorGuspatni, GuspatniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KURIKULUM MERDEKA, MODUL AJAR, KESETIMBANGAN KIMIA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 29 Jan 2024 03:00
Last Modified: 02 Feb 2024 08:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50149

Actions (login required)

View Item View Item