Pengembangan Media Pembelajaran Terintegrasi Augmented Reality pada Materi Hidrolisis Garam Fase F SMA/MA

Fadhilah, Sausan Hani (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Terintegrasi Augmented Reality pada Materi Hidrolisis Garam Fase F SMA/MA. Skripsi thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B1_7_SAUSAN_HANI_FADHILAH_19035112_8608_2023.pdf

Download (336kB) | Preview

Abstract

Pendidikan dan teknologi berkembang sangat pesat pada abad 21.Pembelajaran abad 21 memiliki relevansi terhadap kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka menuntut guru dan siswa untuk mampu memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran. Namun, teknologi yang digunakan cenderung monoton dan sebagian tidak dapat memvisualisasikan konsep abstrak. Oleh karena itu, dibutuhkan media pembelajaran yang mampu memvisualisasikan konsep abstrak tersebut dengan cara yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran terintegrasi Augmented Reality pada materi hidrolisis garam fase F SMA/MA. Jenis penelitian ini adalah EDR (EducationalDesign Research)dengan menggunakan model Plomp. Model Plomp memiliki tiga tahapan yaitu penelitian pendahuluan, pembentukan prototipe dan tahap penilaian. Penelitian ini hanya dilakukan hingga prototipe 3 yaitu penilaian ahli dan One to one Evaluation. Validator terdiri dari 3 dosen kimia UNP dan 3 guru kimia yang berasal dari SMAN 3 Padang, SMA Pembangunan Lab. UNP dan MAN 3 Kota Padang. Instrumen penilaian yang digunakan yaitu angket validitas dan angket One to one Evaluation. Hasil analisis data media pembelajaran Augmented Reality pada materi hidrolisis menunjukkan validasi konten dengan nilai 0,87. Uji validitas konstruk diperoleh nilai 0,88 dan uji technical quality diperoleh nilai 0,91. Rata-rata nilai validitas yaitu 0,89 dengan kategori valid. Hasil One to one Evaluation yang diperoleh adalah baik.Maka dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Terintegrasi Augmented Reality pada Materi Hidrolisis Garam Fase F SMA/MA valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGuspatni, GuspatniUNSPECIFIED
CorrectorHardeli, HardeliUNSPECIFIED
CorrectorSuryani, OktaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN, HIDROLISIS GARAM, KURIKULUM MERDEKA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 29 Jan 2024 01:17
Last Modified: 29 Jan 2024 01:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50133

Actions (login required)

View Item View Item