Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Formulate Share Listen Create Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Payakumbuh.

Saskiaredina, Saskiaredina (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Formulate Share Listen Create Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Payakumbuh. Skripsi thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B1_1_SASKIAREDINA_18029164_8323_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan literasi matematis merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik, karena literasi matematis melatih peserta didik untuk merumuskan, menerapkan dan menafsirkan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa penelitian terdahulu menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematis perserta didik masih rendah. Hal ini juga terjadi pada SMP Negeri 1 Payakumbuh berdasarkan hasil tes yang dilaksanakan pada peserta didik kelas VIII. Untuk mengatasi masalah tersebut, upaya yang dilakukan adalah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Formulate Share Listen Create(FSLC). Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan mengetahui perkembangan kemampuan literasi matematis peserta didik selama diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe FSLC serta medeskripsikan dan menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe FSLC terhadap kemampuan literasi matematis peserta didik. Jenis penelitian adalah pra eksperimentaldengan rancangan penelitian One Shot Case Study Design. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.2 SMP Negeri 1 Payakumbuh. Instrumen pada penelitian ini adalah kuis dan tes akhir yang disusun berdasarkan indikator kemampuan literasi matematis. Data perkembangan kemampuan tersebut dideskripsikan berdasarkan hasil kuis, sedangkan hasil tes dianalisis dengan menggunakan regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil kuis diperoleh bahwa kemampuan literasi matematis peserta didik meningkat. Dari analisis tes yang dilakukan, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari pembelajaran kooperatif tipe Formulate Share Listen Createterhadap kemampuan literasi matematis peserta didik dengankoefisien determinasinya adalah 10,5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDwina, FitraniUNSPECIFIED
CorrectorElniati, SriUNSPECIFIED
CorrectorSuherman, SuhermanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LITERASI MATEMATIS, PESERTA DIDIK, PEMBELAJARAN KOOPERATIF
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 29 Jan 2024 01:17
Last Modified: 29 Jan 2024 01:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50132

Actions (login required)

View Item View Item