Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VIII di SMPN 28 Padang pada Materi Cahaya dan Alat Optik.

Barni, Sabrina Fadilla (2023) Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VIII di SMPN 28 Padang pada Materi Cahaya dan Alat Optik. Skripsi thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B1_9_SABRINA_FADILLA_BARNI_19231088_7963_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) mempelajari gejala alam dan fenomena yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari yang memerlukan keterlibatan siswa secara aktif dengan lingkungannya melalui keterampilan proses. Keterampilan ini dikenal dengan Keterampilan Proses Sains (KPS). KPS melibatkan keterampilan kognitif, manual, dan sosial yang diperlukan dalam belajar tingkat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat penguasaan KPS siswa kelas VIII di SMPN 28 Padang pada materi cahaya dan alat optik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 28 Padang pada tahun ajaran 2022/2023. Sampel diambil dengan teknik random sampling yaitu kelas VIII.2 dan VIII.4. Data penelitian berupa nilai KPS siswa yang meliputi sepuluh indikator yaitu observasi, klasifikasi, interpretasi, prediksi, mengajukan pertanyaan, menyusun hipotesis, merancang percobaan, menggunakan alat dan bahan, menerapkan konsep, dan mengkomunikasikan. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda. Hasil penelitian per-indikator KPS siswa SMPN 28 Padang adalah keterampilan observasi pada kategori tinggi dengan nilai 75,5%; keterampilan klasifikasi pada kategori sangat rendah dengan nilai 15,9%; keterampilan interpretasi pada kategori rendah dengan nilai 25,6%; keterampilan prediksi pada kategori rendah dengan nilai 27,7%; keterampilan mengajukan pertanyaan pada kategori rendah dengan nilai 32,5%; keterampilan mengajukan hipotesis pada kategori tinggi dengan nilai 69,2%; keterampilan merancang percobaan pada kategori sedang dengan nilai 55,9%; keterampilan menggunakan alat dan bahan pada kategori tinggi dengan nilai 68%; keterampilan menerapkan konsep pada kategori rendah dengan nilai 23,5%; dan keterampilan mengkomunikasikan pada kategori rendah dengan nilai 30,8%. Dengan demikian, diperoleh rata-rata hasil penelitian ini adalah 42,5% yang berada dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLestari, TutiUNSPECIFIED
CorrectorMuttaqiin, AriefUNSPECIFIED
CorrectorAzzahra, FirdaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ILMU PENGETAHUAN ALAM, CAHAYA, ALAT OPTIK
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 26 Jan 2024 03:24
Last Modified: 26 Jan 2024 03:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50128

Actions (login required)

View Item View Item