Analisis Visualisasi Tokoh Ajo Kawir Pada Film Seperti Dendam, Rindu Juga Harus Dibayar Tuntas Karya Edwin dan Eka Kurniawan

Shandhika, Rifa (2023) Analisis Visualisasi Tokoh Ajo Kawir Pada Film Seperti Dendam, Rindu Juga Harus Dibayar Tuntas Karya Edwin dan Eka Kurniawan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_09_Rifa_Shandhika_19027082_6031_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada dua. Pertama, menganalisis visualisasi untuk karakter tokoh Ajo Kawir pada film Seperti Dendam, Rindu Juga Harus Dibayar Tuntas. Kedua, untuk menganalisis makna visualisasi untuk karakter tokoh Ajo Kawir dalam film Seperti Dendam, Rindu Juga Harus Dibayar Tuntas. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan metode analisis visual untuk mengeksplorasi berbagai aspek visual yang menggambarkan karakter Ajo Kawir, termasuk penampilan fisiknya, ekspresi wajah, gerak tubuh, dan interaksi dengan lingkungan serta tokoh lainnya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah menggunakan kajian, yaitu Semiotika Charles Sanders Pierce melalui ikon, simbol, dan indeks yang berfokus pada penyakit impoten yang diderita Ajo Kawir. Objek penelitian ini adalah film “Seperti Dendam, Rindu Juga Harus Dibayar Tuntas”. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyakit impoten yang dialami oleh tokoh Ajo Kawir membuat dirinya menjadi lebih emosional dan berusaha menutupinya dengan cara sering bertarung untuk menunjukkan bahwa dirinya kuat. Celaan dari masyarakat yang dialami oleh Ajo Kawir bahwa orang yang memiliki penyakit impoten tidak dapat melakukan hal-hal yang berani dan kuat di luar batas normal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJupriani, JuprianiUNSPECIFIED
CorrectorFebriyeni, EliyaUNSPECIFIED
CorrectorSari, Dwi MutiaUNSPECIFIED
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:27
Last Modified: 26 Jan 2024 02:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50127

Actions (login required)

View Item View Item