Analisis Kemampuan Berpikir Analitis Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi melalui Penerapan Model Problem Solving Berbasis Isu Sosiosaintifik.

Safitri, Rya Angraini (2023) Analisis Kemampuan Berpikir Analitis Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi melalui Penerapan Model Problem Solving Berbasis Isu Sosiosaintifik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_RYA_ANGRAINI_SAFITRI_19031042_8158_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengukurankemampuanberpikiranalitispesertadidikdiperlukansebagaitolakukur guru dalampelaksanaan proses pembelajaran agar lebihefisiendandapatmengasahkemampuanpesertadidik. Kemampuanberpikiranalitispesertadidikkelas X SMAN 3 Pariamanberadapadakategorirendahdanperluditingkatkan.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuitingkatkemampuanberpikiranalitispesertadidikpadapembelajaranbiologimelaluipenerapan model problem solvingberbasisisusosiosaintifik. Penelitianinimerupakanpenelitianpre-experiment denganrancanganOne-Group Pretest-Posttest.Populasipenelitianadalahpesertadidikkelas X SMAN 3 Pariamantahunpelajaran 2022/2023.Sampelpenelitianadalahpesertadidikkelas XE.2 yang ditentukandenganmenggunakanteknikpurposive sampling.Instrumen yang digunakanberupasoalesai yang telah valid danreliabel.Analisis data menggunakanujiMann Whitney U. Hasilpenelitianinimenunjukkanterjadipeningkatankemampuanberpikiranalitispesertadidikmelaluipenerapan model problem solvingberbasisisusosiosaintifik. Rata-rata nilaipretestsebesar 59,5danposttestsebesar 83 dengangain scoresebesar 0,6 dengankategorisedang. Analisis data menunjukkannilaisignifikansi 0,000, artinyaterdapatpeningkatankemampuanberpikiranalitispesertadidik yang signifikan.Kesimpulan yang diperolehdaripenelitianiniadalahterdapatpeningkatankemampuanberpikiranalitis model problem solvingberbasisisusosiosaintifik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAberida, HeffiUNSPECIFIED
CorrectorFadilah, MuhyiatulUNSPECIFIED
CorrectorFajrina, SuciUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BERPIKIRANALITIS, PROBLEM SOLVING, ISU SOSIOSAINTIFIK
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:26
Last Modified: 26 Jan 2024 02:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50124

Actions (login required)

View Item View Item