Optimasi Rute Terpendek Jalur Distribusi Pupuk Menggunakan Algoritma Artificial Bee Colony (Studi Kasus: PT Bungo Dani Mandiri Utama).

Liusman, Rio (2023) Optimasi Rute Terpendek Jalur Distribusi Pupuk Menggunakan Algoritma Artificial Bee Colony (Studi Kasus: PT Bungo Dani Mandiri Utama). Skripsi thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B1_2_RIO_LIUSMAN_19030025_7589_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendistribusian produk merupakan proses perencanaan dan penyimpanan informasi yang berhubungan dengan penyimpanan produk sampai produk tersebut dikirimkan. Oleh karena itu, pihak manajemen perusahaan harus memfokuskan tujuan utama dalam pengoptimalan rute pengiriman agar dapat meminimalisir biaya distribusi yang keluar. PT Bungo Dani Mandiri Utama merupakan perusahaan distributor pupuk. Dalam mendistribusikan produknya, PT Bungo Dani Mandiri Utama harus berkeliling ke sepuluhpengecer yang sudah terdaftar.Pada penelitian ini akan diuji apakah rute yang biasa digunakan PT Bungo Dani Mandiri Utama tersebut sudah optimal atau harus diperbaiki. Penelitian ini merupakan penelitian terapan dengan menggunakan algoritma Artificial Bee Colony untuk menyelesaikan masalah distribusi pupuk yang dimodelkan berupaTravelling Salesman Problem.Jenis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data primer melalui wawancara. Pada perhitungan manual dan MATLAB diperoleh rute optimal yang sama yaitu dari Pal 9 Muarabungo (Gudang), Lubuk Beringin, Limbur, Pulau Kerakap, Rantau Ikil, Mangun Jayo, Tanjung Menanti, Sungai Binjai, Tirta Mulya, Pasar SPA Unit 1, Senamat, Kembali lagi ke Pal 9 Muarabungo (Gudang), dengan total jarak 330km. Rute yang diperoleh lebih optimal dari rute yang biasa ditempuh oleh PT Bungo Dani Mandiri Utama yaitu dengan jarak tempuh 378km. Rute optimal ini lebih pendek 48 km dibandingkan rute biasa yang digunakan oleh PT Bungo Dani Mandiri Utama yang mencakup 378 km. Dengan demikian, rute yang direkomendasikan dapat dipertimbangkan oleh PT Bungo Dani Mandiri Utama untuk mengurangi jarak yang ditempuh yang dapat meminimalkan biaya distribusi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWinanda, Rara SandhyUNSPECIFIED
CorrectorRozal, YusmetUNSPECIFIED
CorrectorAhmad, DefriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: DISTRIBUSI, PUPUK, ALGORITMA
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 26 Jan 2024 01:14
Last Modified: 26 Jan 2024 01:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50119

Actions (login required)

View Item View Item