Hubungan Kesadaran Siswa Dalam Mematuhi Aturan Dan Perilaku Menjaga Alat Pratikum Terhadap Pemahaman Kesehatan Keselamatan Kerja/K3 Di SMK N 2 Painan

Resiva, Aditya (2023) Hubungan Kesadaran Siswa Dalam Mematuhi Aturan Dan Perilaku Menjaga Alat Pratikum Terhadap Pemahaman Kesehatan Keselamatan Kerja/K3 Di SMK N 2 Painan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_9_ADITYA_RESIVA_16073065_5864_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diangkat berdasarkan kurangnya pemahaman siswa mengenai Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) diworkshop Otomotif SMK N 2 Painan. Siswa masih sering lalai dalam mematuhi peraturan keselamatan kerja, hal ini sangat penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terhadap siswa, peralatan praktik, serta lingkungan ketika kegiatan pratikum sedang berlangsung. Tujuan diangkat penelitian ini adalah untuk melihat seberapa kuat hubungan antar variabel Kesadaran Siswa Dalam Mematuhi Aturan Dan Perilaku Menjaga Alat Pratikum Terhadap Pemahaman Kesehatan Keselamatan Kerja/K3 Di SMK N 2 Painan Metode yang dipakai dalam penelitian ini yaitu Deskriptif Kuantitatif, dalam memperoleh data penelitian metode yang digunakan adalah Metode Survei dengan memanfaatkan penyebaran angket kepada siswa. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis Regresi Linier Berganda, analisis ini digunakan untuk melihat nilai korelasi masing-masing variabel. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam Uji Validitas kuesioner sebanyak 45 item secara keseluruhan dinyatakan VALID dan untuk Uji Reliabilitas juga Realiabel sebesar 0,972. Hasil perhitungan menunjukkan nilai korelasi Kesadaran Siswa Dalam Mematuhi Aturan (X1) Terhadap Pemahaman Keselamatan Kesehatan Kerja/K3 (Y) diSMK Negeri 2 Painan sebesar 0,487 termasuk kedalam kategori sedang serta tingkat persentasenya 21,1%. Untuk nilai Korelasi Perilaku Menjaga Alat Pratikum (X2) Terhadap Pemahaman Keselamatan Kesehatan Kerja/K3 (Y) diSMK Negeri 2 Painan sebesar 0,595 termasuk kedalam kategori sedang serta tingkat persentasenya 33,8%. Pengaruh variabel Independen (X) terhadap variabel Dependen (Y) secara simultan/bersama-sama berjumlah 39,4% atau 0,394. Jika dilihat dari derajat hubungan, hasil penelitian menunjukkan bahwa 0,394 berada diantara 0,25 s/d 0,50 yang artinya angka korelasi tergolong cukup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorChandra, ChandraUNSPECIFIED
CorrectorAlwi, ErzeddinUNSPECIFIED
CorrectorSaputra, Hendra DaniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 26 Jan 2024 01:11
Last Modified: 26 Jan 2024 01:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50111

Actions (login required)

View Item View Item