Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Belanja Modal dan Investasi terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Sumatera Barat Tahun 2017- 2021

Eltha, Dika Novi (2023) Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Belanja Modal dan Investasi terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Sumatera Barat Tahun 2017- 2021. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_DIKA_NOVI_ELTHA_18060089_3830_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan ekonomi adalah metrik yang digunakan untuk menilai kemajuan ekonomi suatu negara. Pertumbuhan ekonomi diukur dengan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) suatu wilayah, yang merupakan jumlah nilai tambah dari semua bisnis di wilayah tersebut. Produk Domestik Bruto (PDB) adalah salah satu metrik utama yang digunakan untuk mengevaluasi ekonomi suatu wilayah dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, kajian ini difokuskan pada faktor-faktor yang mendorong pertumbuhan ekonomi Sumatera Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pendapatan asli daerah, belanja modal dan investasi mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Sumatera Barat. Variabel dalam analisis ini adalah pendapatan asli daerah, belanja modal, investasi, dan pertumbuhan ekonomi. Penelitian menggunakan teknik kuantitatif seperti pendekatan deskriptif dan asosiatif. Untuk 19 kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Barat diperoleh data sekunder dari instansi terkait dari tahun 2017 sampai dengan tahun 2021. Pada saat model regresi data panel model yang digunakan adalah Model fixed effect dievaluasi dengan bantuan Chow's Test, Hausmant's Test, dan Classical Assumption Test. Hasil pengujian teoritis menunjukkan bahwa respon output pendapatan asli daerah berpengaruh negatif terhadap pertumbuhan ekonomi di Sumatera Barat, namun pengaruh signifikan secara statistik. Setiap peningkatan belanja modal akan berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi Sumatera Barat karena produksi belanja modal memberikan dampak positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi daerah. Investasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi, kesejahteraan rakyat akan terwujud.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTriani, MikeUNSPECIFIED
CorrectorYeni, IsraUNSPECIFIED
CorrectorAnis, AliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi -S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 25 Jan 2024 07:56
Last Modified: 25 Jan 2024 07:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50107

Actions (login required)

View Item View Item