Deskripsi Pedagogical Chemistry Sen semakin gpada Modul Ajar Guru Kimia Sekolah Penggerak untuk Materi Laju Reaksi dalam Kurikulum Merdeka.

Andriani, Ratih (2023) Deskripsi Pedagogical Chemistry Sen semakin gpada Modul Ajar Guru Kimia Sekolah Penggerak untuk Materi Laju Reaksi dalam Kurikulum Merdeka. Skripsi thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B1_7_RATIH_ANDRIANI_19035040_9104_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Prinsip perencanaan kurikulum merdeka pada sekolah penggerak yaitu guru diberikan keleluasaan dalam membuat dan memodifikasi modul ajar.Pedagogical Chemistry Sen semaking(PedChemSense)berguna untuk membantu guru dalam merencanakan perangkat pembelajaran terkhusus pada meteri kimia.Materi kimia yang bersifat abstrak dan sulit dipahami salah satunya materi laju reaksi.Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan PedChemSense pada modul ajar guru kimia sekolah penggerak untuk materi laju reaksi dalam kurikulum merdeka.Jenis Penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif.Penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Padang, SMAN 9 Padang dan FMIPA Universitas Negeri Padang pada Maret sampai Oktober tahun 2023.Desain penelitian ini menggunakan desain analisis struktur konten dari Model of Educational Reconstruction (MER).Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu daftar check analisis dokumen PedChemSense materi lajureaksi, lembar wawancara klarifikasi dan FGD bersama 3 ahli di bidang pendidikan kimia. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu teknik analisis data Miles dan Huberman.Hasil Penelitian Menunjukkan (1) Profil PedChemSense guru kimia fase F di SMAN 2 Padang, secara keseluruhan indikator chemistry sensemaking 1,3,4 sudah ada dan sesuai sedangkan indikator 2 tidakada. indikator pedagogical Sensemaking 1,3,4 sudah ada dan sesuai sedangkan indikator 2 tidakada. (3) Profil PedChemSense guru kimia fase F di SMAN 9 Padang, secara keseluruhan indikator chemistry sensemaking 1,2,3,4 sudah ada dan sesuai. indikator pedagogical Sensemaking 1,3,4 sudah ada dan sesuai sedangkan indikator 2 tidak ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAini, Faizah QurrataUNSPECIFIED
CorrectorIryani, IryaniUNSPECIFIED
CorrectorGuspatni, GuspatniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KURIKULUM MERDEKA, MODUL AJAR, LAJU REAKSI
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 25 Jan 2024 07:00
Last Modified: 25 Jan 2024 07:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50098

Actions (login required)

View Item View Item