Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru dan Iklim Sekolah Terhadap Karakter Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Solok

Dwapatesty, Eldasisca (2023) Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru dan Iklim Sekolah Terhadap Karakter Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_ELDASISCA_DWAPATESTY_20147015_8117_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan penulis mengenai pengaruh kompetensi kepribadian guru dan iklim sekolah terhadap karakter peserta didik Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Solok yang menunjukkan bahwa masih kurang baik dan karakter peserta didik masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data dan informasi mengenai (1) apakah ada pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap karakter peserta didik Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Solok, (2) apakah ada pengaruh iklim sekolah terhadap karakter peserta didik Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Solok, (3) apakah ada pengaruh kompetensi kepribadian guru dan iklim sekolah secara bersama-sama terhadap karakter peserta didik Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Solok. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan jenis penelitian “asosiatif”. Populasi berjumlah 1446 orang guru dan sampel ditentukan dengan menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 10% dengan teknik Proportionate Random Sampling memperoleh 131 orang guru. Instrumen Penelitian menggunakan angket dengan skala likert yang memiliki 5 alternatif jawaban. Sebelum angket tersebut digunakan sebelumnya sudah dilakukan uji coba untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya. Uji coba dilakukan terhadap populasi diluar sampel sebanyak 30 orang dari hasil uji coba diketahui bahwa angket penelitian sudah valid dengan nilai rhitung dimana lebih besar dari nilai rtabel yaitu 0,361 dan nilai cronbach’s alpha reliabel untuk semua variabel dengan nilai 0,6. Data dianalisis dengan menggunakan rumus regresi sederhana dan regresi berganda dan menggunakan SPSS versi 23.0 Hasil analisis deskriptif karakter peserta didik sebesar 88,40%, kompetensi kepribadian guru sebesar 84,20%, dan iklim sekolah sebesar 85,80%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kompetensi kepribadian guru dengan karakter peserta didik sebesar 22,2%, terdapat pengaruh signifikan antara iklim sekolah dan komitmen kerja guru terhadap karakter peserta didik sebesar 11,8%, terdapat pengaruh signifikan antara kompetensi kepribadian guru dan iklim sekolah secara bersama-sama terhadap karakter peserta didik sebesar 24,6%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHadiyanto, HadiyantoUNSPECIFIED
CorrectorIrsyad, IrsyadUNSPECIFIED
CorrectorSulastri, SulastriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU; IKLIM SEKOLAH; KARAKTER PESERTA DIDIK
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Jan 2024 06:59
Last Modified: 25 Jan 2024 06:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50091

Actions (login required)

View Item View Item