Hubungan Self-Efficacy, Motivasi Belajar, Keaktifan, Literasi Matematis, dan Literasi Sains terhadap Keterampilan 4C Peserta Didik

Putri, Dwi Anggraini Harita (2023) Hubungan Self-Efficacy, Motivasi Belajar, Keaktifan, Literasi Matematis, dan Literasi Sains terhadap Keterampilan 4C Peserta Didik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_03_DWI_ANGGRAINI_HARITA_PUTRI_21175006_8701_2023.pdf

Download (717kB) | Preview

Abstract

Memasuki era revolusi industri 4.0 manusia dituntut untuk menguasai teknologi serta memiliki berbagai keterampilan salah satunya yaitu keterampilan 4C. Keterampilan 4C merupakan keterampilan yang terdiri dari critical thinking, creative thinking, collaborating, andcommunicating. Kenyataannya, keterampilan 4C yang dimiliki peserta didik masih tergolong pada kategori rendah dan perlu ditingkatkan. Untuk meningkatkan keterampilan 4C perlu diketahui apa saja faktor yang dapat mempengaruhinya. Untuk itu dilakukan penelitian yang bertujuan guna melihat faktor mana saja yang berhubungan signifikan terhadap keterampilan 4C. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei yang menguji hubungan antar variabel self-efficacy, motivasi belajar, keaktifan, literasi matematis, literasi sains, dan keterampilan 4C. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-efficacy, motivasi belajar, keaktifan, dan literasi sains memiliki hubungan signifikan terhadap keterampilan 4C. Self-efficacymemiliki hubungan signifikan terhadap motivasi belajar dan keaktifan. Motivasi belajar memiliki hubungan signifikan terhadap keaktifan. Keaktifan memiliki hubungan signifikan terhadap literasi matematis. Literasi matematis memiliki hubungan signifikan terhadap literasi sains. Literasi matematis tidak memiliki hubungan signifikan terhadap keterampilan 4C, namun literasi sains memiliki efek mediasi terhadap hubungan antara literasi matematis dan keterampilan 4C. Self-efficacy dan motivasi belajartidak memiliki hubungan signifikan terhadapliterasi matematis danliterasi sains. Keaktifan tidak memiliki hubungan signifikan terhadapliterasi sains, namun literasi matematis memiliki efek mediasi terhadap hubungan antara keaktifan danliterasi sains.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUsmeldi, UsmeldiUNSPECIFIED
CorrectorDesnita, DesnitaUNSPECIFIED
CorrectorAkman, AkmanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: SELF-EFFICACY, MOTIVASI BELAJAR, LITERASI MATEMATIS, LITERASI SAINS, KETERAMPILAN 4C PESERTA DIDIK
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Jan 2024 02:59
Last Modified: 25 Jan 2024 02:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50082

Actions (login required)

View Item View Item