Penerapan Metode Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Elektronika Di Smk Muhammadiyah 1 Padang

Karima, Rizki (2023) Penerapan Metode Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Elektronika Di Smk Muhammadiyah 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_Rizki_Karim_16063098_6494_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penerapan metode pembelajaran Project Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa, serta proses pembelajaran masih terpusat kepada guru karena tidak tersedianya media pembelajaran yang memadai yang bisa di gunakan siswa untuk belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi peserta didik pada mata pelajaran dasar listrik elektronika di kelas XI SMKS Muhammadiyah 1 Padang menggunakan metode pembelajaran Project Based Learning. Metode pembelajaran ini adalah pembelajaran berbasis project yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengelola pembelajaran di kelas dengan melibatkan kerja project. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan cara penelitian metode survei. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TITL di SMK Muhammadiyah 1 Padang pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh validitas media dengan kategori valid yang dimana media perangkat pembelajaran layak digunakan. Pada uji praktikalitas guru, disimpulkan bahwa hasil penelitian diketahui kemudahan penerapan PjBL dikategorikan baik, efektivitas waktu juga baik, daya tarik penerapan PjBL juga baik, dan penginterprestasian PjBL dengan ekivalen sangat baik. Pada praktikalitas siswa, dapat disimpulkan bahwa analisa memakai aplikasi SPSS dapat diketahui bahwa variabel kemudahan penerapan PjBL didapat nilai minimal 22 dan maksimal 29 dengan rata-rata 25,56 serta standar deviasinya 2,186, disini dapat dilihat bahwa kemudahan penerapan PjBL pada siswa adalah baik. Kemudian pada variabel efektifitas waktu didapat nilai minimal 10 dan maksimal 15 dengan rata-rata 12,11 pada standar deviasi 1,691, disini dapat dilihat bahwa variabel efektifitas waktu bagi siswa juga baik. Untuk variabel daya tarik PjBL diketahui bahwa nilai minimal siswa 18 dan maksimal 29 dengan rata-rata 25,67, serta standar deviasi 3,640, disini juga dapat dilihat bahwa variabel daya tarik PjBL juga baik. Maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran project-based learning dapat meningkatkan kompetensi dan hasil belajar peserta didik dan layak diterapkan di kelas XI SMKS Muhammadiyah 1 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEffendi, HansiUNSPECIFIED
CorrectorSukardi, SukardiUNSPECIFIED
CorrectorMukhaiyar, RikiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 25 Jan 2024 01:12
Last Modified: 25 Jan 2024 01:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50069

Actions (login required)

View Item View Item