Nilai Religi Tari Kuda Kepang Pusat Geladi Tari Wiasa Budaya pada Acara Pernikahan di Kelurahan Talang Benih Kabupaten Rejang Lebong

Haryati, Nada Cania (2023) Nilai Religi Tari Kuda Kepang Pusat Geladi Tari Wiasa Budaya pada Acara Pernikahan di Kelurahan Talang Benih Kabupaten Rejang Lebong. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_NADA_CANIA_HARYATI_19023028_6871_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan objek penelitianya yaitu tari Kuda Kepang Pusat Geladi Tari Wiasa Budaya Pada Acara Pernikahan di Kelurahan Talang Benih. Penelitian ini dilakukan pada sanggar Pusat Geladi Tari Wiasa Budaya di Kelurahan Talang Benih. Instrumen utama dalam penelitian ini peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung seperti alat tulis, kamera digital, rekaman. Pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik kualitatif. Langkah- langkahnya meliputi: Deskripsi data, Reduksi data, dan Pengambilan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam tari Kuda Kepang Pusat Geladi Tari Wiasa Budaya mengandung nilai religi. Nilai religi dalam Kuda Kepang Pusat Geladi Tari Wiasa Budaya ini dapat dilihat dalam penyajian tari melalui para penari yang kerasukan dan dipercayai oleh masyarakat penari telah dirasuki oleh roh nenek moyang. Demikian, kelengkapan pertunjukan (sajen seperti bunga mawar, kemenyan, teh pahit, teh manis, beras kuning, minyak duyung, ayam hidup/ ayam mati, telur ayam kampung, pisang, bedak, roti, ketan, kelapa) dipercayai masyarakat sebagai alat untuk memanggil roh nenek moyang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDarmawati, DarmawatiUNSPECIFIED
CorrectorIndrayuda, IndrayudaUNSPECIFIED
CorrectorAstuti, FujiUNSPECIFIED
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 25 Jan 2024 02:59
Last Modified: 25 Jan 2024 02:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50065

Actions (login required)

View Item View Item