Analisis Derajat Kesehatan Masyarakat di Kabupaten Padang Pariaman Menggunakan Metode Structural Equation Modelling (SEM-PLS)

Cahayani, Erika Putri (2023) Analisis Derajat Kesehatan Masyarakat di Kabupaten Padang Pariaman Menggunakan Metode Structural Equation Modelling (SEM-PLS). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
B.1_01_ERIKA_PUTRI_CAHAYANI_19045128_7769_2023.pdf

Download (766kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Padang Pariaman, 2) untuk menggambarkan penerapan model SEM-PLS pada derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Padang Pariaman Metode yang digunakan dalam penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Structural Equation Modeling dengan model Partial Least Square yang terdiri dari dua model evaluasi yaitu model pengukuran dan model struktural. Populasi pada penelitian ini adalah Kabupaten Padang Pariaman dengan total jumlah penduduk Kabupaten Padang Pariaman sebanyak 421.579 ribu/jiwa pada tahun 2021. Pengambilan data menggunakan data sekunder yaitu data dari Profil Dinas Kesehatan Padang Pariaman tahun 2021 dan Buku Kabupaten Padang Pariaman Dalam Angka 2022. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Padang Pariaman yaitu: 1) Lingkungan memiliki pengaruh sedang terhadap Derajat Kesehatan dengan nilai effect size 0,161 , 2) Pelayanan Kesehatan memiliki pengaruh sedang terhadap Derajat Kesehatan dengan nilai effect size 0,154 , 3) Perilaku Kesehatan mendapati nilai sebesar 0,002 yang artinya berpengaruh kecil terhadap Derajat Kesehatan. Sedangkan hasil dari penerapan model SEM-PLS pada derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Padang Pariaman yaitu: 1) Lingkungan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Derajat Kesehatan dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,626, 2) Pelayanan Kesehatan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Derajat Kesehatan dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,341, 3) Perilaku Kesehatan memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap Derajat kesehatan dengan nilai koefisien dengan nilai koefisien jalur sebesar -0,072

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNovio, ReryUNSPECIFIED
CorrectorMariya, SriUNSPECIFIED
CorrectorSuasti, YurniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Derajat Kesehatan, Structural Equation Modelling, Partial Least Square
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 24 Jan 2024 14:05
Last Modified: 24 Jan 2024 14:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50058

Actions (login required)

View Item View Item