Pengaruh Kepercayaan kepada Pemerintah dan Tingkat Pendidikan terhadap Kepatuhan Perpajakan dengan Cooperative Compliance sebagai Variabel Mediasi

Mahendra, Esa (2023) Pengaruh Kepercayaan kepada Pemerintah dan Tingkat Pendidikan terhadap Kepatuhan Perpajakan dengan Cooperative Compliance sebagai Variabel Mediasi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_ESA_MAHENDRA_19040389_6590_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pendapatan negara Indonesia bersumber dari berbagai sektor salah satunya sektor perpajakan. Kepatuhan perpajakan di Indonesia masih menjadi masalah yang sangat krusial terutama masalah kepatuhan WPOP non karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh langsung dan tidak langsung variabel kepercayaan kepada pemerintah, tingkat pendidikan, cooperative compliance terhadap kepatuhan perpajakan. Pengaruh tidak langsung diuji dengan variabel mediasi, yaitu cooperative compliance. Penelitian ini menganalisis data primer yang didapatkan dari penyebaran kuesioner kepada 391 WPOP non karyawan yang terdaftar di KPP Pratama Kota Payakumbuh. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Pengujian variabel penelitian ini menggunakan PLS dengan aplikasi SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepercayaan kepada pemerintah berpengaruh negatif terhadap cooperative compliance, tingkat pendidikan berpengaruh positif terhadap cooperative compliance, cooperative compliance berpengaruh negatif terhadap kepatuhan perpajakan, kepercayaan kepada pemerintah berpengaruh negatif terhadap kepatuhan perpajakan, tingkat pendidikan berpengaruh positif terhadap kepatuhan perpajakan dan cooperative compliance memediasi kepercayaan kepada pemerintah terhadap kepatuhan perpajakan serta cooperative compliance tidak dapat memediasi tingkat pendidikan terhadap kepatuhan perpajakan. Keterbaharuan dalam penelitian ini terletak pada variabel cooperative compliance yang belum banyak diteliti. Hal ini menunjukkan bahwa otoritas pajak dapat meningkatkan pelayanan yang mudah dan cepat serta transparan, adil dalam mengalokasikan dana perpajakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFauzihardani, EkaUNSPECIFIED
CorrectorHandayani, Dian FitriaUNSPECIFIED
CorrectorSebrian, NurziUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KEPERCAYAAN KEPADA PEMERINTAH
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 Jan 2024 08:05
Last Modified: 24 Jan 2024 08:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50054

Actions (login required)

View Item View Item