Pengaruh Penambahan Zat Aditif Virgin Coconut Oil (VCO) Terhadap Kualitas Plastik Biodegradable Berbasis Selulosa Bakteri-Gliserol dari Air Kelapa (Cocos nucifera)

Yudelta, Oltry Noveliza (2023) Pengaruh Penambahan Zat Aditif Virgin Coconut Oil (VCO) Terhadap Kualitas Plastik Biodegradable Berbasis Selulosa Bakteri-Gliserol dari Air Kelapa (Cocos nucifera). Skripsi thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B1_8_OLTY_NOVELIZA_YUDELTA_19036029_8550_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Plastik Biodegradable merupakan plastik yang ramah lingkungan karena mudah diurai oleh mikroorganisme. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh penambahan zat aditif v irgin coconut oil terhadap kualitas plastik biodegradable berbasis selulosa bakteri-Gliserol dari air kelapa (Cocos nucifera) yang meliputi uji sifat fisik (kandungan air dan derajat pengembungan), uji sifat mekanik (kuat tarik, elongasi dan elastisitas) serta uji biodegradasi. Penelitian ini menggunakan Gliserol 3,5% sebagai plastisizer dengan variasi volume v irgin coconut oil yaitu 2 mL, 4 mL, 6 mL dan 8 mL. Hasil pengujian sifat fisik yang diperoleh adalah nilai % kandungan air dan derajat penggembungan (swelling) semakin menurun seiring penambahan volume v irgin coconut oil. Hasil maksimum dari pengujian sifat mekanik didapatkan nilai kuat tarik 118,97 MPa pada variasi penambahan v irgin coconut oil 6 mL yang mana nilai kuat tarik ini sudah memenuhi standar SNI plastik sintetik yaitu dalam rentang 24,7-302 MPa, nilai elastis yang didapat yaitu 3571.15 MPa, dan nilai elongasi 5,28%. Untuk uji biodegrdasi, plastik yang ditambahkan v irgin coconut oil mengalami penurunan namun pada hari ke 15 plastik ini sudah terdegradasi seutuhnya. Pada analisa gugus fungsi FTIR tidak terbentuk gugugs fungsi baru. Sedangkan analisis XRD pada penambahan v irgin coconut oil persentase kristal plastik lebih besar yaitu 71,96% dibandingkan selulosa bakteri hanya 63,68% dan selulosa bakteri-glis erol sebesar 67,94%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutra, AnandaUNSPECIFIED
CorrectorAzra, FajriahUNSPECIFIED
CorrectorMulia, MelindraUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: AIR KELAPA, GLISEROL, SELULOSA BAKTERI
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 24 Jan 2024 07:04
Last Modified: 24 Jan 2024 07:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50050

Actions (login required)

View Item View Item