Peningkatan Basil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SON 09 Bandar Buat Kota Padang.

Oktovia, Vivi (2023) Peningkatan Basil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SON 09 Bandar Buat Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_VIVI_OKTOVIA_19129300_7266_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning menjadi solusi dalam permasalahan tersebut. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dalam 2 siklus dan prosedur penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi, teknik pengumpulan data berupa observasi dan hasil tes. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V SDN 09 Bandar Buat Kota Padang. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model problem based learning di kelas V SDN 09 Bandar Buat Kota Padang, hal ini dilatar belakangi dengan rendahnya hasil pembelajaran tematik terpadu yang disebabkan dengan penggunaan model pembelajaran dan pemahaman peserta didik belum optimal. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang merupakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Disetiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V SDN 09 Bandar Buat Kota Padang yang terdiri dari 25 peserta didik. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan peningkatan pada : 1) RPP siklus 1 pertemuan 1 diperoleh nilai rata-rata 84,09% (B), siklus II diperoleh nilai rata-rata 86% (B), dan siklus II memperoleh nilai rata-rata 97,72% (SB), 2) pelaksanaan pada aspek guru siklus 1 pertemuan 1 memperoleh nilai rata-rata 71, 42% (C), siklus 1 pertemuan 2 memperoleh nilai rata-rata 71,42% (C), dan siklus II memperoleh nilai rata-rata 92, 85% (SB), 3) penilaian terhadap peserta didik pada siklus 1 petemuan 1 memperoleh nilai rata-rata 71,42% (C), siklus 1 pertemuan 2 memperoleh nilai rata-rata 71,42% (C), dan siklus II memperoleh nilai rata-rata 92, 85% (SB). Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
CorrectorSuriani, AriUNSPECIFIED
CorrectorNingsih, YarisdaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 24 Jan 2024 07:01
Last Modified: 24 Jan 2024 07:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50040

Actions (login required)

View Item View Item