Peningkatan Basil Belaj ar Peserta Didik Menggunakan Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 26 Bukit Putus Dalam Kabupaten Pesisir Selatan.

Paramita, Tiara Semon (2023) Peningkatan Basil Belaj ar Peserta Didik Menggunakan Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 26 Bukit Putus Dalam Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_TIARA_SEMON_PARAMITA_19129069_7626_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu, hal ini dikarenakan proses pembelajaran masih berpusat kepada guru (teacher-centered) dan guru cendrung menggunakan model pembelajaran konvensional yang menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas dalam pembelajaran sehingga tidak memberikan motivasi belajar pada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model Discovery Learning pada pembelajaran tematik terpadu kelas V SDN 26 Bukit Putus Dalam Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes, data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa hasil belajar peserta didik dan data kuantitatif berupa pengamatan observasi dan hasil tes. Subjek dalam penelitian adalah guru kelas dan teman sejawat selaku observer, peneliti selaku praktisi dan peserta didik kelas V sebanyak 13 orang 7 orang siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar tematik terpadu dari siklus Ike siklus II, hasil penelitian pada siklus I pada RPP rata-rata 82,81 % (baik) meningkat pada siklus II menjadi 91,67% (sangat baik). Hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran siklus I pada aktivitas guru rata-rata 79,685% (cukup) meningkat pada siklus II menjadi 96,875% (sangat baik). Hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran siklus I pada aktivitas peserta didik rata-rata 79,685% (cukup) meningkat pada siklus II menjadi 96,875% (sangat baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I rata-rata 65,09% mengalami peningkatan pada siklus II 92,69% (sangat baik). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
CorrectorMasniladevi, MasniladeviUNSPECIFIED
CorrectorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 24 Jan 2024 07:01
Last Modified: 24 Jan 2024 07:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50038

Actions (login required)

View Item View Item