Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Formulate Share Listen Create Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 4 V Koto Kampung Dalam.

Tomia, Nurija (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Formulate Share Listen Create Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 4 V Koto Kampung Dalam. Skripsi thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B1_1_NURIJA_TOMIA_16029146_8759_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis adalah salah satu tujuan pembelajaran yang harus dikuasai oleh peserta didik. Namun, pada kenyataannya di SMPN 4 V Koto Kampung Dalam, pemahaman konsep peserta didik kelas VIII masih belum optimal. Belum optimalnya kemampuan pemahaman konsep ini, akan berdampak pada kemampuan matematis lainnya. Salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran Formulate Share Listen Create . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah pemahaman konsep peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Formulate Share Listen Create lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMPN 4 V Koto Kampung Dalam. Jenis penelitian ini adalah eksperiment semu dengan rancangan penelitian non-equivalent posttest only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 4 V Koto Kampung Dalam tahun pelajaran 2022/2023. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik total sampling, kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep berupa soal essay. Berdasarkan hasil analisis tes akhir dengan menggunakan uji-t, diperoleh PValue=0,003 maka tolak H0. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Formulate Share Listen Create lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran konvensioanl di kelas VIII SMPN 4 V Koto Kampung Dalam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYarman, YarmanUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS, MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF , PEMBELAJARAN LANGSUNG
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 24 Jan 2024 07:00
Last Modified: 24 Jan 2024 07:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50036

Actions (login required)

View Item View Item