Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray di Kelas V SDN 17 Manggis Ganting Kota Bukittiggi

Hasibuan, Syukria Padilah (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray di Kelas V SDN 17 Manggis Ganting Kota Bukittiggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_SYUKRIA_PADILAH_HASIBUAN_19129067_5826_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan yang ditemukan di sekolah, yaitu kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan guru, sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik di kelas V SDN 1 7 Manggis Ganting Kota Bukittinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray di kelas V SDN 17 Manggis Ganting Kota Bukittinggi. Penelitian ini dilaksanakan dengan model Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray di kelas V SDN 17 Manggis Ganting Kota Bukittinggi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V yang berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan non tes. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Pada setiap siklus meliputi empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian siklus I RPP rata-rata 86,10% dengan kualifikasi (B) dan siklus II rata-rata 94,44% dengan kualifikasi (A). Pelaksanaan proses pembelajaran aspek guru siklus I rata-rata 85,71% dengan kualifikasi (B) dan siklus II rata-rata 96,42% dengan kualifikasi (A), pelaksanaan aspek peserta didik siklus I rata-rata 85,71% dengan kualifikasi (B) dan siklus II rata-rata 96,42% dengan kualifikasi (A). Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 79,25 (C) dan siklus II rata-rata 91,5 (A). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil pembelajaran tematik terpadu peserta didik di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlwi, Nur AzmiUNSPECIFIED
CorrectorAriani, YettiUNSPECIFIED
CorrectorAnita, YesiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 24 Jan 2024 07:00
Last Modified: 24 Jan 2024 07:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50035

Actions (login required)

View Item View Item