Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Example Non Example di Kelas V SD Negeri 29 Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman

Pujianty MM, Suci (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Example Non Example di Kelas V SD Negeri 29 Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_SUCI_PUJIANTY_19129316_7236_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan, dimana kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh pendidik sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas V SD Negeri 29 Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan dengan menggunakan Model Cooerative Learning Tipe Example Non Example di Kelas V SD Negeri 29 Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari I pertemuan. Disetiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik Kelas V SD Negeri 29 Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman dengan jumlah 18 orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I dengan rata-rata 80,5% (A) dan siklus II 95% (A), b) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 79,65% (C) dan siklus II 97 % (A), sedangkan pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 79,65% (C), dan siklus II 97% (A), c) Penilaian terhadap peserta didik dalam peningkatan hasil belajar pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 60,5% (D) dan siklus II dengan rata-rata 94%. (A). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Cooperative Learning Tipe Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD Negeri 29 Kampung Dalam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
CorrectorLena, Mai SriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 24 Jan 2024 06:59
Last Modified: 24 Jan 2024 06:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50034

Actions (login required)

View Item View Item