Peningkatan Basil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together di Kelas V SDN 45 Kalumbuk Padang.

Aristy, Sandra (2023) Peningkatan Basil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together di Kelas V SDN 45 Kalumbuk Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_SANDRA_ARISTY_19129164_6934_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah hasil belajar peserta didik yang rendah dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas V Sekolah Dasar. Dimana hasil belajar yang diharapkan belum tercapai dengan persentase ketuntasan kelas ideal yaitu 75%. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan tentang peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pembelajaran tematik terpadu menggunakan model kooperatif tipe Numbered Head Together. J enis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas, menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subj ek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 45 Kalumbuk Padang. Sumber data adalah proses kegiatan pembelajaran tematik terpadu menggunakan model kooperatiftipe Numbered Head Together. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan non tes. Intrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar tes, dan lembar non tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada : a) RPP pada siklus I memperoleh rata-rata 89,57% (SB), meningkat pada siklus II memperoleh persentase 97 ,22% (SB), b) aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata-rata 82,81 % (B), meningkat pada siklus II memperoleh persentase 95,31 % (SB), c) aktivitas peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 82,81 % (B), meningkat pada siklus II memperoleh persentase 95,31 % (SB), dan d) hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 63, 1 (C), meningkat pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 78, 7 (B). Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tematik terpadu menggunakan model koopertaif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SDN 45 Kalumbuk Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHamimah, HamimahUNSPECIFIED
CorrectorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
CorrectorArwin, ArwinUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 24 Jan 2024 06:59
Last Modified: 24 Jan 2024 06:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50032

Actions (login required)

View Item View Item