Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SDN 11 Lolong Kota Padang.

Otosi, Ridho (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SDN 11 Lolong Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_RIDHO_OTOSI_18129301_7999_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu yang masih rendah. Hal ini disebabkan karena pembelajaran masih berpusat pada guru, peserta didik belum dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran, guru kurang memupuk kemampuan peserta didik untuk memecahkan suatu masalah nyata yang ada di sekitarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model problem based learning (PBL) di Kelas V SDN 11 Lolong Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V sejumlah 25 orang yang terdiri dari 11 orang peserta didik perempuan dan 14 orang peserta didik laki-laki. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus mempunyai tahapan, siklus satu 2x pertemuan dan siklus dua Ix pertemuan. Data penelitian berupa hasil pengamatan RPP, hasil pengamatan pembelajaran tematik terpadu dan hasil belajar peserta didik menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan RPP siklus I diperoleh nilai rata-rata 79,16% dengan kualifikasi Cukup (C), meningkat pada siklus II menjadi 94,44% kualifikasi Amat Baik (AB). Nilai rata-rata aspek guru siklus I diperoleh 82,14% dengan kualifikasi Baik (B), meningkat pada siklus II 92,85% dengan kualifikasi Amat Baik (AB). Sedangkan nilai rata-rata aspek peserta didik siklus I diperoleh nilai 80,35% dengan kualifikasi Baik (B), meningkat pada siklus II 92,85% dengan kualifikasi Amat Baik (AB). Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh 74,17 dengan kualifikasi cukup (C), meningkat pada siklus II yaitu 88,69 dengan kualifikasi Baik (B). Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di Kelas V SDN 11 Lolong Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEliyasni, RifdaUNSPECIFIED
CorrectorArwin, ArwinUNSPECIFIED
CorrectorRahmatina, RahmatinaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 24 Jan 2024 06:56
Last Modified: 24 Jan 2024 06:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50031

Actions (login required)

View Item View Item