Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas III SDN 08 Balimbing Kabupaten Tanah Datar

Angraini, Rezi (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas III SDN 08 Balimbing Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_REZI_ANGRAINI_19129156_7746_2023.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan bahwa kurangnya pemahaman peserta didik terhadap pembelajaran sehingga membuat hasil belajar peserta didik yang rendah. Pembelajaran yang dilaksanakan masih terpusat kepada guru sehingga peserta didik kurang terbiasa menggali sendiri pengetahuan dalam pembelajaran yang juga membuat peserta kurang berfikir kritis dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Problem Based Learning di kelas III SDN 08 Balimbing Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdapat tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan 1 7 orang peserta didik, dimana terdapat 10 orang peserta didik perempuan dan 7 orang peserta didik laki-laki. Data penelitian berupa hasil pengamatan RPP, hasil pengamatan pelaksanaan prmbelajaran tematik terpadu dan hasil belajar peserta didik menggunakan model Problem Based Learning. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan dari siklus Ike siklus II. Hasil pengamatan RPP pada siklus I memperoleh nilai dengan rata-rata 83,33% dengan kualifikasi (B), kemudian meningkat pada siklus II 91,66% dengan kualifikasi (SB). Penilaian aspek guru siklus I memperoleh nilai rata-rata 76,78% dengan kualifikasi (C), meningkat pada siklus II 92,85% dengan kualifikasi (SB). Penilaian aspek peserta didik pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 76,78% dengan kualifikasi (C), meningkat pada siklus II 92,55% dengan kualifikasi (SB). Hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 77,36 dengan persentase ketuntasan 70,6%, pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 89,17 dengan persentase ketuntasan 88,23%. Dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas III SDN 08 Balimbing Kabupaten Tanah Datar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAmini, RisdaUNSPECIFIED
CorrectorYunisrul, YunisrulUNSPECIFIED
CorrectorNingsih, YarisdaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 24 Jan 2024 04:23
Last Modified: 24 Jan 2024 04:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50030

Actions (login required)

View Item View Item