Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Nearpod pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Unit 5 Kegiatan Belajar 4 Kelas IV SD.

Meliza, Reski (2023) Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Nearpod pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Unit 5 Kegiatan Belajar 4 Kelas IV SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_RESKI_MELIZA_19129283_6274_2023.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya sumber belajar yang tersedia di sekolah serta sumber belajar yang kurang bervariasi. Sumber belajar yang tersedia masih bersifat cetak hanya memuat gambar dan tulisan saja, sehingga membuat siswa menjadi bosan dan kurang termotivasi untuk belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis hasil uji validitas dan praktikalitas pengembangan bahan ajar menggunakan aplikasi Nearpod pada mata pelajaran pendidikan pancasila unit 5 kegiatan belajar 4 di kelas IV SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (reserch and development) dengan model pengembangan ADDIE. Terdiri dari lima tahap yaitu : Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Penerapan (Implementation), Evaluasi (Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SDN 21 Payakumbuh. Bahan ajar yang dirancang divalidasi oleh validator menggunakan lembar validasi berupa angket. Validasi produk terdiri dari ahli materi, ahli bahasa dan ahli media. Kemudian diujicobakan di kelas IV SDN 21 Payakumbuh untuk mengetahui praktikalitas bahan ajar yang dikembangkan. Hasil penelitian yang dikembangkan, diperoleh hasil tingkat validitas bahan ajar menggunakan aplikasi Nearpod pada mata pelajaran pendidikan pancasila unit 5 kegiatan belajar 4 dengan jumlah keseluruhan nilai validasi 96,52% dalam kategori sangat valid. Hasil dari uji validasi oleh ahli materi 91,66%. Uji validasi ahli kebahasaan sebesar 100% dan validasi media sebesar 97,91 %. Selanjutnya hasil uji coba melihat praktikalitas bahan ajar yang dinyatakan sangat praktis. Dapat dilihat dari basil respon guru dan basil respon siswa,dimana angket respon guru mendapat nilai 100%, dengan kategori sangat praktis dan angket respon dari 34 siswa mendapat nilai 95,68%, dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar menggunakan aplikasi Nearpod pada mata pelajaran pendidikan pancasila di kelas IV SD yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dan sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEliyasni, RifdaUNSPECIFIED
CorrectorMuhammadi, MuhammadiUNSPECIFIED
CorrectorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 24 Jan 2024 04:23
Last Modified: 24 Jan 2024 04:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50029

Actions (login required)

View Item View Item