Pengembangan Media Pembelajaran Volume Bangun Ruang Serta Hubungan Pangkat Tiga dengan Akar Pangkat Tiga Menggunakan Macro media Flash 8 di Kelas V Sekolah Dasar.

Ningrum, Rani Gusti (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Volume Bangun Ruang Serta Hubungan Pangkat Tiga dengan Akar Pangkat Tiga Menggunakan Macro media Flash 8 di Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_RANI_GUSTI_NINGRUM_18129134_8430_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kenyataan yang ditemukan di sekolah dasar yaitu kurangnya pemanfaatan teknologi dalam mengembangkan media pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan guru masih bersifat konvensional seperti gambar yang terdapat pada buku cetak dan media dengan menggunakan teknologi sederhana seperti video dari YouTube dan PowerPoint. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan aplikasi Macromedia Flash 8 pada materi volume bangun ruang serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga di kelas V Sekolah Dasar yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahap dalam pengembangannya, yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), penerapan (implementation), dan evaluasi (evaluation). Data dari penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan lembar validasi dan angket respon. Lembar validasi terdiri dari lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli bahasa, dan lembar validasi ahli media. Sedangkan angket respon terdiri dari angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 24 orang yang terdiri dari 12 laki-laki dan 12 perempuan di kelas VA SDN 02 Cupak Tangah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Media pembelajaran volume bangun ruang serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga menggunakan aplikasi Macromedia Flash 8 dinyatakan sangat valid digunakan oleh ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media dengan nilai rata-rata 90%, (2) Respon guru dan peserta didik terhadap Media pembelajaran volume bangun ruang serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga menggunakan aplikasi Macromedia Flash 8 memperoleh presentase 100% dengan kriteria sangat praktis dan 92,08% dengan kriteria sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Media pembelajaran volume bangun ruang serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga menggunakan aplikasi Macromedia Flash 8 di kelas V Sekolah Dasar dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAriani, YettiUNSPECIFIED
CorrectorMasniladevi, MasniladeviUNSPECIFIED
CorrectorEliyasni, RifdaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 24 Jan 2024 04:22
Last Modified: 24 Jan 2024 04:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50027

Actions (login required)

View Item View Item