Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SD Negeri 03 Bandar Boat Kota Padang.

Ina, Rahma Mutma (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SD Negeri 03 Bandar Boat Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_RAHMA_MUTMA_INA_19129053_5929_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari pembelajaran yang dilaksanakan masih berpusat pada guru serta kurang mengorientasikan peserta didik pada masalah nyata yang ada di sekitar peserta didik sehingga peserta didik belum bisa memahami konsep yang dipelajari secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Bagaimana Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Leaming Di Kelas V SDN 03 Bandar Buat Kota Padang Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian didahului dengan Perancanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester II Tahun Ajaran 2022/2023. Subjek penelitian adalah guru selaku observer, peneliti selaku praktisi, dan siswa kelas V sebanyak 28 orang yang terdiri dari 14 orang siswa laki­ laki dan 14 orang siswa perempuan. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dapat diperoleh dari hasil belajar peserta didik. Data kuantatif berupa hasil pengamatan observasi dan hasil tes. Hasil penelitian siklus I pada RPP rata­rata 84,6% (Baik), meningkat pada siklus II menjadi 97,22% (Sangat Baik). Pelaksanaan siklus I pada aktivitas guru rata­rata 80,3% (Baik), meningkat pada siklus II menjadi 92,8% (sangat baik). Pelaksanaan siklus I pada aktivitas peserta didik rata­rata 80,3% (baik), meningkat pada siklus II menjadi 92,8% (sangat baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I rata­rata 77 (cukup), meningkat pada siklus II menjadi 93 (Sangat Baik). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di SD Negeri 03 Bandar Buat Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEliyasni, RifdaUNSPECIFIED
CorrectorAnita, YesiUNSPECIFIED
CorrectorAriani, YettiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 24 Jan 2024 04:22
Last Modified: 24 Jan 2024 04:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50026

Actions (login required)

View Item View Item