Peningkatan Hasil Belajar Pesert Didik pada pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 04 2 X 11 Kayutanam Kabupaten Padang Pariaman.

Idris, Nining Aulia (2023) Peningkatan Hasil Belajar Pesert Didik pada pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 04 2 X 11 Kayutanam Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_NINING_AULIA_IDRIS_19129048_6425_2023.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi dari observasi dan wawancara yang telah dilakukan oleh peneliti di SD Negeri 04 2 X 11 Kayutanam kabupaten Padang Pariaman. Pada saat observasi peneliti menemukan bahwa hasil belajar peserta didik di SD tersebut masih tergolong rendah. Peneliti melakukan observasi ke kelas dan menemukan hasil belajar peserta didik masih rendah, seperti belum aktifnya peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran, banyak peserta didik yang sibuk sendiri dengan urusan masing-masing dan kurang memperhatikan pendidik dalam menjelaskan pelajaran, metode yang digunakan oleh pendidik yang bersifat monoton serta perencanaan yang disiapkan oleh pendidik yang belum maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Problem Based Learning di kelas V SDN 04 2 X 11 Kayutanam Kabupaten Padang Pariaman Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini telah dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus pertama terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus kedua terdiri dari 1 kali pertemuan. Setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik kelas V SDN 04 2 X 11 Kayutanam Kabupaten Padang Pariaman dengan jumlah 33 orang peserta didik. Peneliti bertindak sebagai praktisi (pendidik) sedangkan pedidik kelas V bertindak sebagai observer. Pengumupulan data menggunakan teknik observasi, tes dan non tes, dengan intrumen penelitian berupa lembar observasi, lembar tes dan non tes. Sumber data itu sendiri terkait perencanaan, pelaksanaan dan hasil belaj ar peserta didik kelas V. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) RPP siklus I dengan rata- rata 86.46% (baik) dan siklus II 91,66% (sangat baik), b) Pelaksanaan pada aspek pendidik siklus I dengan rata-rata 85.71 % (baik) dan siklus II 92,85% (sangat baik), sedangkan pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 80.35% (baik) dan siklus II 92,85% (sangat baik), c) Penilaian peserta didik dalam peningkatan basil belajar di siklus I pada aspek sikap yaitu sikap spiritual dan sosial dari peserta didik yang mulai menonjolkan sikap positifnya, pada aspek pengetahuan dengan rata-rata 76, 13 dan aspek keterampilan dengan rata-rata 82,86, sedangkan pada siklus 2 pada aspek sikap diperoleh sikap spiritual dan sosial dari peserta didik yang menonjolkan sikap positifnya yang sudah berubah dan mampu dipertahankan, pada aspek pengetahuan 84,60 dan aspek keterampilan 86,36. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuryanty, ZuryantyUNSPECIFIED
CorrectorFitria, YantiUNSPECIFIED
CorrectorAsrimar, NellyUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 24 Jan 2024 04:22
Last Modified: 24 Jan 2024 04:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50024

Actions (login required)

View Item View Item