Pengembangan Media Berbasis Macromedia Flash 8 pada Materi Diagram Batang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas IV SDN 05 Surau Gadang.

Putri, Nike Anita (2022) Pengembangan Media Berbasis Macromedia Flash 8 pada Materi Diagram Batang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas IV SDN 05 Surau Gadang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_NIKE_ANITA_PUTRI_17129380_9480_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi seperti Macromedia Flash 8 yang memiliki banyak keuntungan dalam proses pembelajaran yaitu memperbaiki sistem pengajaran, lebih nyaman, kemudahan pengajaran, mempersingkat waktu, dapat menumbuhkan dan meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga mempengaruhi hasil belajar peserta didik (Arsyad, 2016). Media pembelajaran yang cenderung digunakan adalah buku paket pembelajaran dan alat peraga. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif berbasis Macromedia Flash 8 pada materi diagram batang untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 05 Surau Gadang yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan mengggunakan model 4D yang terdiri dari tahap pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), penyebaran (disseminate). Pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket respon dan lembar evaluasi. Lembar validasi terdiri dari lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli bahasa, dan lembar validasi ahli media yang dilakukan uji validitas oleh 3 orang validator. Angket respon terdiri dari angket respon guru dan peserta didik yang dilakukan uji praktikalitas pada 1 orang guru kelas IV dan 15 orang peserta didik kelas IV SDN 5 Surau Gadang Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pengembangan media berbasis Macromedia Flash 8 dinyatakan Valid digunakan oleh ahli media, ahli materi dan ahli bahasa dengan nilai rata-rata 85,55%, 2) Respon guru dan peserta didik terhadap media yang dikembangkan sangat praktis dengan nilai rata-rata 97,9% dan 86%. Dapat disimpulkan bahwa media interaktif berbasis Macromedia Flash 8 pada materi diagram batang untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 05 Surau Gadang telah dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAriani, YettiUNSPECIFIED
CorrectorMasniladevi, MasniladeviUNSPECIFIED
CorrectorArwin, ArwinUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 24 Jan 2024 04:21
Last Modified: 24 Jan 2024 04:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50022

Actions (login required)

View Item View Item