Peningkatan Basil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SDN 01 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman.

Mardayani, Nadia (2023) Peningkatan Basil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SDN 01 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_NADIA_MARDAYANI_19129138_7783_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian in dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik. Penyebabnya yaitu guru belum optimal menggunakan model pembelajaran yang inovatif, dan pemahaman peserta didik terhadap pembelajaran belum optimal. Tujuan penelitian ini secara umum ialah untuk meningkatkan hasil belajar tematik terpadu menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di kelas V SDN O 1 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini dilaksankan di SDN O 1 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V yang berjumlah 29 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan jenis pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Prosedur penelitiannya meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sumber penelitian ini didapat dari proses pembelajaran (aktivitas guru dan peserta didik) dan hasil belajar dari sikap, pengetahuan dan keterampilan. Data yang diperoleh dalam penelitian kemudian diolah dengan menggunnakan model analisis data kualitatif dan kuantitatif. Perolehan hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) RPP siklus I dengan persentase rata-rata 81,25% dengan predikat baik (B) meningkat menjadi 95% sangat baik (A) pada siklus ke-II. (2) Pelaksanaan pembelajaran melalui aspek yang terlihat pada guru mengalami peningkatan dari siklus I dengan persentaase rata-rata 76,78% dengan predikat baik (B) menjadi 96,42% sangat baik (A) pada siklus ke-II. Sedangkan aspek peserta didik persentase rata-rata 76,78% dengan predikat baik (B) meningkat menjadi 96,42% sangat baik (A) pada siklus ke-II. Terakhir (3) Hasil belajar peserta didik siklus I persentase rata- rata 75,62% dengan predikat baik (B) menjadi 88,36% sangat baik (A) pada siklus ke-II. Dengan demikian model Problem Based Learning telah dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN O 1 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
CorrectorRahmatina, RahmatinaUNSPECIFIED
CorrectorChandra, ChandraUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 24 Jan 2024 04:21
Last Modified: 24 Jan 2024 04:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50021

Actions (login required)

View Item View Item