Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together di Kelas III SDN 01 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman.

Nisa, Nadia Khairun (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together di Kelas III SDN 01 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_NADIA_KHAIRUN_NISA_19129266_7979_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan di SDN 01 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman bahwa pembelajaran masih berpusat pada guru, guru tidak menggunakan model pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan untuk meningkatkan aktivitas peserta didik seperti melalui permainan. Hal ini disebabkan oleh guru dalam pembelajaran hanya berfokus terhadap buku siswa dan menerangkan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together di Kelas III SDN 01 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan jenis pendekatan kualitatif dan kuantitatif.Penelitian rm dilaksanakan sebanyak 2 siklus, dengan Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik di kelas III. Dengan jumlah peserta didik sebanyak 25 orang pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder dengan teknik pengumpulan data menggunakan dokumen analisis, observasi, tes dan non tes. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar penilaian RPP, lembar pengamatan aspek guru dan peserta didik, dan lembar tes evaluasi. Data yang didapatkan dalam penelitian kemudian diolah dengan menggunakan model analisis data kualitatif serta kuantitatif. Hasil penelitian (1) RPP siklus I persentase rata-rata 81,25% dengan predikat baik (B) menjadi 97,5% sangat baik (A) pada siklus ke-II. (2) Pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I yang memiliki persentase rata-rata 82,81% dengan predikat baik (B) menjadi 93,75% sangat baik (A) pada siklus ke- n. Sedangkan aspek peserta didik persentase rata-rata 82,81% dengan predikat baik (B) menjadi 93,75% sangat baik (A) pada siklus ke-II. Terakhir (3) Hasil belajar peserta didik siklus I rata-rata 77,82 dengan predikat baik (B) menjadi 87,17 sangat baik (A) pada siklus ke-II. Dengan demikian model kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas III SDN 01 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAmini, RisdaUNSPECIFIED
CorrectorAstimar, NellyUNSPECIFIED
CorrectorIndrawati, TinUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 24 Jan 2024 04:21
Last Modified: 24 Jan 2024 04:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50020

Actions (login required)

View Item View Item