Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Tutor Sebaya Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 10 Tarung Tarung Utara Kabupaten Pasaman

Iklas, Muhammad (2023) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Tutor Sebaya Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 10 Tarung Tarung Utara Kabupaten Pasaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_MUHAMMAD_IKHLAS_19129263_9555_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah dan kurang menggunakan model pembelajaran yang dapat membangkitkan keaktifan peserta didik. Dan dalam pembelajaran, guru masih menggunakan pendekatan Teacher Center. Tujuan dari penelitian mt adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu menggunakan model Tutor Sebaya di kelas V SDN 10 Tarung Tarung Utara Kabupaten Pasaman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang diterapkan menggunakan teknik penilaian tes dan non tes. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar observasi dan lembar tes dan non tes. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V SDN 10 Tarung Tarung U tara dengan jumlah 19 orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada: a) RPP siklus I denganrata­ rata 81,5 % (baik), dan siklus II 94,4 % (Sangat Baik), b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata­rata 87 % ( baik), dan siklus II 96,8 % (sangat baik), sedangkan pada aspek peserta didiksiklus I dengan rata­rata 87 % (baik), dan siklus II 93,7% (sangat baik), c) Penilaian hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh rata­rata 74,2 dan siklus II dengan rata­rata 86,2. Berdasarkan basil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Tutor Sebaya dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHamimah, HamimahUNSPECIFIED
CorrectorFarida, FaridaUNSPECIFIED
CorrectorArwin, ArwinUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 24 Jan 2024 03:05
Last Modified: 24 Jan 2024 03:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50019

Actions (login required)

View Item View Item