Iklas, Muhammad
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Tutor Sebaya Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 10 Tarung Tarung Utara Kabupaten Pasaman.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah dan kurang menggunakan model pembelajaran yang dapat membangkitkan keaktifan peserta didik. Dan dalam pembelajaran, guru masih menggunakan pendekatan Teacher Center. Tujuan dari penelitian mt adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu menggunakan model Tutor Sebaya di kelas V SDN 10 Tarung Tarung Utara Kabupaten Pasaman.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang diterapkan menggunakan teknik penilaian tes dan non tes. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar observasi dan lembar tes dan non tes. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus
I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus
meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V SDN 10 Tarung Tarung U tara dengan jumlah 19 orang peserta didik.
Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada: a) RPP siklus I denganrata rata 81,5 % (baik), dan siklus II 94,4 % (Sangat Baik), b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan ratarata 87 % ( baik), dan siklus II 96,8 % (sangat baik), sedangkan pada aspek peserta didiksiklus I dengan ratarata 87 % (baik), dan siklus II 93,7% (sangat baik), c) Penilaian hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh ratarata 74,2 dan siklus II dengan ratarata 86,2. Berdasarkan basil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Tutor Sebaya dapat
meningkatkan hasil belajar tematik terpadu pada peserta didik.
Actions (login required)
|
View Item |